Kamis, 09 Agustus 2018 14:41 WITA

Usai Pelantikan, KPU Sulsel Akan Susun LPJ Dana Hibah Pilgub Sulsel

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Usai Pelantikan, KPU Sulsel Akan Susun LPJ Dana Hibah Pilgub Sulsel
Kepala Sub Bagian Umum dan Logistik KPU Sulsel Anwar M Tahir

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, akan menyusun laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana hibah dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel usai pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel terpilih, 17 September mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sub Bagian Umum dan Logistik KPU Sulsel Anwar M Tahir. Menurutnya, kewajiban menyampaikan laporan pertanggungjawaban adalah maksimal 3 bulan pasca tahapan. Hal tersebut sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2018.

"KPU Sulsel berdasarkan aturan saja. Ini masih tahapan Pilgub. Kita masih harus evaluasi, penyusunan laporan dan masih ada pelantikan September nanti. Setelah itu, baru kita diberi kesempatan untuk membuat laporan pertanggungjawaban keuangan. Baru bisa kita kembalikan (sisanya)," tuturnya, Kamis (9/8/2018).

Meskipun demikian, menurut Anwar, KPU Sulsel tidak bisa memastikan berapa dana yang akan dikembalikan. Mengingat, laporan pertanggungjawaban KPU Sulsel juga dipengaruhi oleh laporan keuangan dari KPU 24 kabupaten/kota yang menerima dana sharing. 

"Kan ada juga 24 kabupaten/kota. Jadi, kita tidak bisa mengira-ngira berapa yang akan dikembalikan. Bisa jadi Rp50 miliar, bisa lebih, atau bisa kurang. Bayangkan, kalau ada 24 kabupaten/kota dengan anggaran masing-masing puluhan miliar, itu kita tidak bisa prediksi berapa sisanya," jelasnya.

Sebelumnya, pihak DPRD Provinsi Sulsel melalui badan anggaran (Banggar), mulai mengejar sisa dana hibah penyelenggaraan Pilgub Sulsel 2018.

"Tahapan Pilgub Sulsel sudah selesai, tinggal menunggu pelantikan. Dana yang tidak dipakai semua oleh KPU mestinya sekarang sudah ada (kepastian jumlahnya)," singkat anggota Banggar DPRD Sulsel Selle Ks Dalle, Rabu (8/8/2018) kemarin.

Sekadar diketahui, jumlah dana hibah anggaran untuk Pilgub Sulsel 2018 yang diterima KPU sebesar Rp456 miliar. Saat itu, Banggar DPRD Sulsel sempat melakukan rasionalisasi dan menghitung ada sekitar Rp50 miliar dari total dana hibah yang bisa dipangkas.