Kamis, 09 Agustus 2018 16:19 WITA

Gugatan FAS Terpental di MK

Editor: Mulyadi Abdillah
Gugatan FAS Terpental di MK
Taufan Pawe (kedua dari kiri).

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan menolak gugatan sengketa Pilkada Kota Parepare yang diajukan pasangan calon Andi Faisal Sapada-Asriady Samad (FAS).

Putusan ini dibacakan langsung Ketua Majelis Hakim Anwar Ruslan dalam putusan sela, pada Kamis, (9/8/2018), sekira pukul 14.30 WIB.

Dalam amar putusannya, Mahkamah menyatakan permohonan FAS tidak memiliki kedudukan hukum.

Putusan ini pun disambut gembira oleh kubu Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) selaku peraih suara terbanyak Pilkada Parepare.

"Dalam putusan MK, disebutkan dua hal utama yang menjadi alasan menolak gugatan FAS. Pertama soal legal standing, dan kedua tidak memenuhi ambang batas," ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Parepare, Rahmat Sjamsu Alam.

Pria yang akrab disapa Ato ini menguraikan, terkait legal standing, pihak MK tidak berwenang mengadili perkara yang diajukan FAS lantaran menjadi kewenangan Panwaslu, yang telah diselesaikan sebelum perkara itu diajukan ke MK. 

Kedua, lanjut Ato, ambang batas gugatan 2 persen, sementara paslon TP dan FAS meraih selisih 2.38 persen. 

"Ini menandakan paslon kami, Bapak Taufan Pawe dan Pangerang Rahim menjadi pemenang dalam Pilkada Parepare," tutup Ato, yang juga Wakil Ketua DPRD Parepare ini.