Jumat, 10 Agustus 2018 15:22 WITA

MK Kukuhkan Kemenangan Kolom Kosong di Pilkada Makassar

Editor: Mulyadi Abdillah
MK Kukuhkan Kemenangan Kolom Kosong di Pilkada Makassar
Foto: IST

RAKYATKU.COM - Tuntas sudah polemik Pilkada Makassar. Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan yang diajukan pasangan Munafri Arifuddin-A Rachmatika Dewi (Appi-Cicu). 

Putusan ini dibacakan ketua majelis hakim, Anwar Usman dalam sidang putusan sela, Jumat (10/8/2018). 

"Amar putusan, menerima eksepsi pihak termohon (KPU Makassar), pemohon (Appi-Cicu) tidak memiliki kedudukan hukum, permohonan pemohon tidak dapat diterima," ucap Anwar Usman saat membacakan putusan.  

Sebelumnya, MK juga sudah menolak permohonan gugatan yang diajukan M Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi). Dengan demikian, putusan ini mengukuhkan 'kemenangan' kolom kosong di Pilkada Makassar.

Berdasarkan rapat pleno hasil perhitungan suara Pilkada Makassar beberapa waktu lalu, KPU Makassar menetapkan kolom kosong sebagai pemenang dalam Pilkada Makassar 2018.

Kolom kosong mengalahkan calon tunggal Appi-Cicu yang diusung 10 partai besar. Dalam rekapitulasi suara, kolom kosong menang di 13 Kecamatan di Kota Makassar. Sedangkan calon tunggal Appi Cicu hanya menang di 2 Kecamatan.

Kolom kosong memperoleh suara sebanyak 300.795, sedangkan calon tunggal memperoleh suara sebanyak 264.245. Total perolehan suara Pilkada Makassar mencapai 565.040 suara. Perolehan suara antara kotak kosong dengan calon tunggal sebanyak 36.898 suara.