Senin, 16 September 2019 17:30 WITA

Daftar di PDIP Barru, Anak Idris Syukur Lawan Suardi Saleh?

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Mulyadi Abdillah
Daftar di PDIP Barru, Anak Idris Syukur Lawan Suardi Saleh?
Andi Mirza Riogi Idris (kiri) dan Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU - DPC PDIP Barru sudah menutup pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Barru sejak tanggal 14 September 2019. Hasilnya, hanya dua orang yang mengembalikan formulir.

Keduanya adalah Andi Rahmat (adik Ketua Golkar Barru Andi Muhammad Rum) dan Andi Mirza Riogi Idris (Ketua DPC PDIP Barru). Riogi tak lain putra mantan bupati Barru, Andi Idris Syukur.

"Kami sudah serahkan data pendaftar ini ke DPD PDIP Provinsi Sulawesi Selatan," ungkap Ketua Desk Pilkada DPC PDIP Barru, Alyas, pada Senin (16/9/2019).

Pendaftaran Ogi, sapaan akrab Riogi, memunculkan spekulasi bahwa ada kemungkinan melawan bakal calon incumbent Suardi Saleh. Begitupun kemungkinan sebaliknya.

Idris Syukur diberhentikan dari bupati Barru dalam kasus dugaan suap. Kemendagri lalu menerbitkan SK pelantikan terhadap Suardi Saleh dari wakil bupati menjadi bupati. 

Alyas mengatakan, meski pendaftaran di DPC Kabupaten Barru sudah tertutup, namun pendaftaran di DPD PDIP Sulsel masih terbuka.

Loading...

"Masih bisa mendaftar, tapi ambil formulir dan pengembaliannya langsung ke DPD. Pendaftaran masih buka sampai tanggal 22 September mendatang," ujarnya.

Diketahui, DPC PDIP tidak dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati tanpa koalisi dengan partai lain.

Hal itu merujuk pada jumlah perolehan kursi PDIP di DPRD Barru yakni tiga kursi. Sementara syarat mengusung calon bupati dan wakil bupati Barru minimal mengantongi lima kursi.

Alyas mengatakan, saat ini DPC PDIP Barru sudah membangun komunikasi dengan partai lain untuk membuka peluang koalisi.

"Kami sudah komunikasi dengan sejumlah partai. Salah satunya dengan PPP," tuturnya.

Loading...
Loading...