Jumat, 03 Januari 2020 16:30 WITA

Tak Ingin Gagal Dua Kali, Appi Kumpulkan 5.969 Ketua RT dan RW Se-Makassar

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Tak Ingin Gagal Dua Kali, Appi Kumpulkan 5.969 Ketua RT dan RW Se-Makassar

RAKYATKU.COM - Bakal calon wali kota Makassar, Munafri Arifuddin tak ingin gagal dua kali. Sebagai langkah awal menuju Pilkada 2020, dia menggarap seluruh ketua RT dan RW di Makassar.

Bertajuk silaturahmi akbar, Appi --sapaan akrab Munafri Arifuddin-- sudah mengedarkan undangan kepada para ketua RT/RW se-Kota Makassar. Acara digelar di Celebes Convention Center (CCC) pada 29 Januari 2020. Dimulai selepas magrib.

"Ya itu adalah acara silaturahmi, bukan kampanye. Tujuannya untuk membangun kembali silaturahmi yang pernah ada dengan RT/RW. Dulu pada Pilwali 2018 kan juga didukung RT/RW," ungkap Fadli Noor, juru bicara Munafri Arifuddin, Jumat 3/1/2020.

Appi yang berpasangan drg Andi Rachmatika Dewi alias Cicu juga sempat mengumpulkan para ketua RT-RW. Namun, hasil akhir pilkada jauh dari harapan. Mereka kalah atas kolom kosong.

"Dalam masa jelang 2020 ini semakin banyak dukungan. Bahkan lebih dari 60 persen RT/RW menunjukkan respek ke Appi," tambah Fadli.

Dijelaskan, menjelang pemilihan wali kota Makassar, tim ataupun relawan Appi sangat giat turun ke masyarakat untuk membangun sendi-sendi dukungan terhadap Appi.

"Di satu sisi urus tahapan di partai untuk mendapat rekomendasi, juga tetap ke lapangan untuk meyakinkan RT/RW terkait harapan di pilwali. Mungkin ada yang merasa sevisi. Terutama karena kami ingin mengedepankan RT/RW. Itu mendapat tanggapan positif," bebernya.

Tak hanya pada satu atau dua kecamatan, di internal tim Appi diyakini dukungan merata di semua kecamatan. Bahkan pertemuan akbar ini dikatakan sebagai inisiatif dari para loyalis ataupun pendukung Appi.

loading...

"Kegiatan silaturahmi ini merupakan saran dari RT/RW yang mendukung maju lagi. Mereka menyarankan lebih bagus kumpul semua kemudian paparkan misi 2020. Kita di tim akhirnya godok kegiatan tersebut," urainya.

Tak hanya ketua RT/RW, tokoh masyarakat juga diundang meramaikan silaturahmi akbar pertama ini.

"Sebelumnya pertemuan insidentil. Hampir tiap hari ada minta ketemu, 30 sampai 40 atau 100 orang yang di basis. Datang ketemu mengingatkan ke warga bahwa beliau bermaksud maju lagi. Ini baru pertemuan akbar," lanjutnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Rakyatku.com, Kota Makassar memiliki 4.981 RT dan 988 RW. Tersebar pada 153 kelurahan dari 15 kecamatan.

Kota Makassar di era Danny Pomanto mempelopori pemilihan langsung ketua RT-RW. Mirip pilkada atau pilkades. Saat itu, diikuti sebanyak 7.019 calon ketua RT dan 2.085 calon ketua RW.

Tata cara pemilihan mirip pemungutan suara pemilu, pilpres, dan pilkada. Waktu pemungutan suara dari pukul 08.00-14.00 Wita. Penghitungan suara disaksiksan pejabat lurah dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Loading...
Loading...