Jumat, 10 Januari 2020 23:00 WITA

Biaya Survei, Gerindra Makassar Patungan dengan Bakal Calon

Penulis: Syukur
Editor: Adil Patawai Anar
Biaya Survei, Gerindra Makassar Patungan dengan Bakal Calon

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Partai Gerindra Makassar telah melakukan penjaringan bakal calon walikota Makassar. Pasca pengembalian formulir, para bakal calon akan dilanjutkan dengan fit and proper test. Dari jadwal semula, fit and proper test di Gerindra molor dari yang seharusnya.

"Kita lagi tunggu arahan ketua DPC karena kemarin menunggu rampungnya DPC mulai dari pelantikan dan lain-lain. Itulah kenapa agak mundur harusnya sudah fit and proper test di bulan Desember. Karena susana pergantian DPC perlu adaptasi ulang dari desk pilkada," ungkap Aiman Adnan, tim penjaringan Gerindra Makassar, Jumat (10/1/2020).

Terkait pelaksanaan fit and proper test, internal Gerindra baru akan membahasnya. Namun disebutkan akan ditentukan dalam waktu dekat ini.

"Dalam waktu dekat segera tentukan jadwal. Sepertinya fit and proper test akan dilaksanakan akhir bulan ini tapi kita belum tentukan tanggal. Baru mau rapatkan mungkin dua hari ke depan ini untuk penentuan dari kapan, tempat dan siapa yang akan dilibatkan. Apakah hanya internal atau melibatkan eksternal," tambahnya.

Gerindra Makassar berhasil meloloskan lima orang kadernya ke dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Makassar. Kelima kader yang berhasil lolos tersebut yakni Erick Horas, Pahlevi, H Amar Busthanul, Hj Nunung Dasniar Azis, Budi Hastuti. Dengan demikian Gerindra membutuhkan lima tambahan kursi untuk dapat mengusung bakal calon walikota Makassar.

"Untuk fit and proper test ini sepertinya kita akan libatkan pihak eksternal. Seperti pengamat politik atau akademisi agar lebih objektif," tambahnya.

Meski akan melakukan fit and proper test, Aiman menegaskan bakal calon yang akan diusung Gerindra bukan hanya menilai dari situ. Namun untuk semua bakal calon kembali akan dilakukan survei untuk menentukan siapa yang berpeluang menang.

loading...

"Bukan hanya fit and proper test tapi hasil survei sangat menentukan. Makanya bakal calon kita harapkan tidak hanya sekedar daftar tapi tetap ada ikhtiar untuk melakukan sosialisasi agar popularitasnya tetap tinggi," jelasnya.

Perihal survei, Aiman menyebut telah ada yang ditentukan konsultan untuk melakukan survei. Namun untuk hasil survei hanya akan dibuka untuk internal dan si bakal calon. Sementara untuk dana survei akan dibagi dengan bakal calon.

"Untuk (dana) survei akan dilakukan secara gotong royong. Tim survei sudah ada jauh hari kita siapkan, konsultan luar tapi hasilnya hanya untuk para calon dan internal. Konsumsi internal dan cuma untuk kandidat. Mengenai waktu survei baru akan dibahas," jelasnya.

Berikut 19 Cawalkot Makassar yang mendaftar di Gerindra Makassar:

1. Syamsu Rizal
2. Sukriansyah
3. Abdul Rachmat Noer
4. Munafri Arifuddin
5. Irman Yasin Limpo
6. Andry Suryana Arief Bulu
7. Haris Yasin Limpo
8.Syarifuddin Daeng Punna
9. Muhammad Ismak
10. Mustaman
11. Fadly Ananda
12. Ramdhan Pomanto
13. Iriyanto A. Baso Ence
14. Iqbal Djalil
15. Yaqkin Padjalangi
16. Muh. Askar Mansyur
17. Hasan Basri Ambarala
18. Onasis
19. Erick Horas

Loading...
Loading...