Minggu, 23 Februari 2020 17:00 WITA

None-Cicu Jauh Lebih Potensial Dibandingkan Danny-Cicu, Elektabilitasnya Mencapai 55,3 Persen

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
None-Cicu Jauh Lebih Potensial Dibandingkan Danny-Cicu, Elektabilitasnya Mencapai 55,3 Persen
Konferensi pers PPI tentang hasil survei Pilkada Makassar.

RAKYATKU.COM - Irman Yasin Limpo ketemu pasangan serasi. Dia adalah Andi Rachmatika Dewi alias Cicu. Mereka berpeluang besar menang di Pilwalkot Makassar.

Namun, itu baru menurut "terawangan" lembaga survei. Jika mereka berpasangan, elektabilitas atau tingkat keterpilihannya saat ini mencapai 55,3 persen.

Itu temuan lembaga Parameter Publik Indonesia (PPI). Survei dilakukan 1-6 Februari 2020. Menggunakan metode multistage random sampling.

Ada 440 responden yang dilibatkan. Margin of error 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan di atas 95 persen.

Direktur PPI Ras MD mengatakan, tingginya peluang kemenangan pasangan ini tidak mengejutkan. Mereka menyatukan dua klan kuat di Makassar. Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan Syahrul Yasin Limpo.

Cicu adalah kemenakan IAS. Sementara None adik kandung Syahrul Yasin Limpo. Mantan gubernur Sulsel yang kini menteri pertanian.

"Kedua tokoh ini (SYL dan IAS) menurut survei kami merupakan tokoh yang paling berpengaruh," ujar Ras dalam konferensi pers, Minggu (23/2/2020).

loading...

PPI juga mensimulasikan pasangan lainnya. Syamsu Rizal-Andi Rachmatika Dewi potensi kemenangan 31,0 persen. Lalu, Syamsu Rizal-Munafri Arifuddin 25,0 persen, dan Syamsu Rizal-Amirul Ilham Sirajuddin 14,7 persen.

"Jika Syamsu Rizal dipaketkan dengan Fadli Ananda atau Andi Yagkin Padjalangi atau Taufiqqulhidayat Ande potensi kemenangannya dibawa 5 persen," tambahnya.

PPI juga membuat simulasi untuk Danny Pomanto. Paling tinggi saat berpasangan Andi Rachmatika Dewi. Namun, hanya 34,7 persen. Masih kalah jauh dari None-Cicu.

Lalu, Danny Pomanto-Indira Cunda Thita Syahrul, potensi kemenangannya 21,7 persen. Sementara untuk simulasi pasangan Danny Pomanto-Yagkin Padjalangi hanya 11,3 persen.

"Pasangan Danny Pomanto-Maqbul Halim potensi kemenangan 2,0 persen. Ini jika memilih jalur perseorangan," tambahnya.

Loading...
Loading...