Senin, 02 Maret 2020 22:25 WITA

Tujuh Poin Saran None ke Pemkot Dalam Penanganan Virus Corona

Editor: Adil Patawai Anar
Tujuh Poin Saran None ke Pemkot Dalam Penanganan Virus Corona

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bakal calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, memberikan tanggapan tentang maraknya isu virus Corona. 
Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar harus lebih tanggap melakukan langkah preventif terkait penyebaran virus. Sebab, virus tersebut sudah terdeteksi sejak beberapa bulan lalu di Wuhan, Tiongkok. Sehingga sebenarnya Pemerintah memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan. 

"Karena menghadapi isu apapun, pemerintah harus mengambil kemungkinan terburuk. Jika itu tidak terjadi, syukur alhamdulillah. Tapi, jika kemungkinan terburuk itu terjadi, kita sudah punya pola penanganan yang cepat dan tepat. Tidak terkesan panik," kata pria yang memiliki pengalaman panjang menjadi birokrat tersebut.

None, sapaan akrab Irman menambahkan, ada tujuh poin yang seharusnya dilakukan pemerintah. Pertama adalah mempersiapkan deteksi dini di berbagai tingkat, mulai RT, RW, hingga Kelurahan.
Kedua, mempersiapkan rumah sakit rujukan sampai dengan perencanaan wilayah atau daerah isolasi jika terjadi hal yang semakin buruk.

Langkah ketiga, menurut mantan Kadisdik Sulsel itu, adalah melakukan tindakan massif pencegahan. Seperti penyemprotan desinfektan pada wilayah atau lokasi yang kemungkinan besar akan terjadi tempat penyebaran virus.

Keempat, membuat edaran sekaligus peringatan tegas kepada para pengusaha untuk tidak memanfaatkan atau mengambil keuntungan berlebih terhadap kasus Corona. Seperti menaikkan harga masker, hand sanitizer, dan beberapa item barang lain.

Kelima, kumpulkan RT dan RW untuk menyeragamkan tindakan penanganan masalah dan antisipasi virus. Bukan malah membicarakan Pilwali.

loading...

Keenam dan ketujuh adalah melakukan doa bersama serta  rutin melakukan sosialisasi penanggulangan bencana ke masyarakat. Sehingga apapun keadaannya masyarakat siap. 

Menurut None, tidak ada kata terlambat, tujuh langkah ini masih bisa dijalankan jajaran Pemkot Makassar. 

"Semua upaya tadi harus disinergikan dengan doa yang tulus, sehingga hasil akhirnya bisa memberikan keselamatan bagi semua warga masyarakat," tegasnya.

Ia juga menitipkan pesannya pada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, walau tentu harus terus meningkatkan kewaspadaan.

"InshaAllah bersama kita bisa menghadapi bencana ini. Jangan saling menyalahkan, atau jangan mengambil keuntungan dari bencana. Niatkan semua langkah dengan tulus ikhlas. Jangan pikir macam-macam," tegasnya.

Loading...
Loading...