Selasa, 18 April 2017 12:18 WITA

4 Figur Kuat Pilkada Wajo Versi JSI

Editor: Mulyadi Abdillah
4 Figur Kuat Pilkada Wajo Versi JSI
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Wajo memang masih tersisa sekitar satu tahun. Tapi figur yang potensi menduduki posisi bupati dan wakil bupati sudah bisa dikerucutkan.

Berdasar survei dan analisa kualitatif Jaringan Suara Indonesia (JSI), terdapat empat figur yang punya kans lebih untuk maju menggantikan posisi Andi Burhanuddin Unru yang sudah menjabat dua periode.

Empat figur itu, yakni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo dr Baso Rahmanuddin Makkaraka, mantan Wakil Bupati Amran Mahmud, Wakil Bupati Andi Syahrir Kube Dauda, serta pengusaha asal Papua, H Amran.

"Tanpa mengabaikan kekuatan dan kemampuan figur lain, tapi untuk saat ini empat nama di atas jauh lebih punya kans terpilih jika maju bertarung," kata Supervisor Strategi Pemenangan JSI, Arif Saleh, Selasa (18/04/17).

Menurut Arif, peta kekuatan empat nama tersebut cenderung masih berimbang. Terutama antara dr Baso dan Amran Mahmud. Selisih elektabilitasnya masih sangat tipis, sehingga belum ada yang tergolong dominan jelang tahapan pilkada.

Arif yang juga berasal dari Tana Wajo, menguraikan, dinamika politik di penghasil kain sutera itu, bisa semakin dinamis jika kedepannya empat nama di atas, ada yang memutuskan maju berpasangan.

"Kalau sampai dari empat nama tersebut, ada yang memilih maju berpasangan, tentu peluangnya memenangkan pilkada sangat terbuka lebar," tambah Arif yang lembaganya dikenal "merajai" kemenangan di pilkada di Indonesia selama 8 tahun terakhir.

Hanya saja, lanjut dia, butuh pendekatan dan komunikasi intens jika ingin merealisasikan berpasangan di antara nama di atas. Sebab sejauh ini mereka semua masih "ngotot" maju di posisi calon bupati. Kecuali dalam penjajakan nantinya, ada yang bersedia mengalah menjadi 02.

"Arah ke situ belum tertutup. Pada saatnya mereka realistis melihat dinamika yang berkembang. Apalagi, komunikasi dan saling menjajaki juga tergolong masih sangat cair," papar eks jurnalis di desk politik ini.

Lalu bagaimana gambaran simulasi pasangan? Arif menekankan, meski terlalu dini menebak siapa pasangan, namun figur ini layak dijagokan sebagai pemenang jika memilih berduet. Seperti Amran Mahmud-Andi Syahrir, dr Baso-H Amran, Amran Mahmud-dr Baso, atau Andi Syahrir-Amran Mahmud, serta Baso-Andi Syahrir atau sebaliknya.

Selain nama tersebut, figur lain yang juga sudah massif melakukan sosialisasi, tidak perlu berkecil hati. Setidaknya bila mengincar kemenangan, maka sangat realistis maju di posisi 02 dengan berpaket figur di atas, terutama dr Baso, Amran Mahmud, dan Andi Syahrir.

"Maju di posisi 01, sebenarnya belum tertutup sepenuhnya. Tetapi kalau melihat dukungan per hari ini, mereka harus realistis. Jauh lebih terbuka jika maju di posisi 02 mendampingi nama-nama di atas, ketimbang memaksakan diri sebagai cabup," pungkas Arif, fans Real Madrid.