Kamis, 08 Juni 2017 13:10 WITA

Pilkada Pinrang 2018

Empat Figur Ideal Calon Pendamping Abdul Latif

Penulis: Suardi Digat
Editor: Fathul Khair Akmal
Empat Figur Ideal Calon Pendamping Abdul Latif
Abdul Latif

RAKYATKU.COM, PINRANG - Ada empat figur yang dinilai ideal mendampingi Sekprov Sulsel, Abdul Latif dalam Pilkada Pinrang 2018 mendatang. 

Praktisi politik Pinrang, Nasri Aboe mengatakan, keempat figur tersebut adalah Faisal Tahir Syarkawi (Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Pinrang), Bahran Jafar (Ketua DPRD Kabupaten Pinrang), Kartini Lolo (Ketua DPC PDIP Pinrang), dan Andi Sofyan Nawir (Camat Patampanua).

"Nama-nama ini punya kans di sisi Abdul Latif di Pilkada Pinrang," kata Nasri saat dihubungi Rakyatku.com, Kamis (8/6/2017).

Namun sejatinya kata dia, sebagai birokrat tulen, Abdul Latif harusnya menggandeng figur dari kalangan politisi. Sehingga memiliki kekuatan tersendiri di pemerintahan.

"Tapi bukan berarti, jika pendampingnya birokrat, kekuatan pemerintahan berkurang," jelasnya.

Menurut dia, jika Abdul Latif berpasangan dengan Faisal Tahir Syarkawi , ia mesti bekerja keras lagi untuk mencari kendaraan politik lainnya. Sebab Partai NasDem di Pinrang, hanya memiliki 2 kursi di legislatif.

"Figur Faisal sendiri, cukup familiar di masyarakat dan memiliki kantong-kantong suara hasil Pilkada sebelumnya," tambahnya.

Empat Figur Ideal Calon Pendamping Abdul LatifSementara kata dia, jika Abdul Latif berpasangan dengan Ketua PKS Pinrang yang juga menjabat sebagai ketua DPRD Bahran jafar, maka tim Abdul Latif harus memperkuat tim bagian utara Pinrang. Sebab basis Abdul Latif berada di pusat kota, dan bagian selatan serta barat Kabupaten Pinrang.

Sementara Bahran Jafar, merupakan wakil rakyat yang terpilih di dapil III, yang meliputi Kecamatan Wattang Sawitto, Paleteng dan Kecamatan Tiroang. "Namun berkat dukungan partai permasalahan itu dapat diatasi," ujarnya. 

Adapun jika Abdul Latif berpasangan dengab Ketua DPC PDIP Pinrang, Kartini Lolo menurut dia, maka kekuatan paket bupati dan wakil bupati Ini akan merata. Mengingat Kartini lolo duduk di gedung DPRD Pinrang, hasil dapil Pinrang I (Kecamatan Lembang, Batulappa dan Duampanua).

"Apalagi Kartini Lolo dikenal memiliki amunisi yang kuat, baik dari segi financial maupun relawan," jelasnya.

Lebih jauh ia menjlaskan, bila Abdul Latif berpasangan dengan camat Patampanua, Andi Sofyan Nawir, maka paket ini tetap harus memperkuat tim di bagian utara Pinrang. "Tapi berpaket dengan Andi Sofyan Nawir, memberikan nilai tambah tersendiri."

Karena menurut Nasri, basis keluarga Andi Sofyan Nawir berada di bagian utara Pinrang, ditambah dengan jabatan yang diemban saat ini sebagai camat dibagian utara Pinrang, termasuk figur orang tuanya, Andi Nawir masih menjadi magnet untuk mendulang suara di Pinrang.

"Sehingga dinilai plus jika Abdul Latif berpasangan Andi Sofyan Nawir," katanya.

Sebab sejauh pengamatannya, Abdul Latif masih tergolong lemah di bagian utara Pinrang. "Sehingga, penguatan berbagai lini di bagian utara Pinrang, harus digenjot," pungkasnya.