Kamis, 08 Juni 2017 13:13 WITA

Ulasan Pengamat Soal 4 Kandidat Potensial Pendamping Latif 

Penulis: Suardi Digat
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Ulasan Pengamat Soal 4 Kandidat Potensial Pendamping Latif 
Sekprov Sulsel, Abdul Latif, kandidat calon Bupati Pinrang di Pilkada 2018.

RAKYATKU.COM, PINRANG - Empat nama berpotensi menjadi wakil Abdul Latif di Pilkada Pinrang 2018. Ini menurut pengamat politik Pinrang, Nasri Aboe. Keempat nama itu adalah Ketua NasDem Pinrang Faisal Tahir Syarkawi, Ketua DPRD Pinrang Bahran Jafar, Ketua PDIP Pinrang Kartini Lolo dan Camat Patampanua Andi Sofyan Nawir. 

"Nama-nama ini punya kans menjadi wakil Abdul Latif di Pilkada Pinrang," katanya, Kamis (8/6/2017). 

Nasri kemudian memaparkan plus minus dari empat nama diatas. Sebagai birokrat sejati, kata Nasri, Abdul Latif harusnya menggandeng figur dari kalangan politisi. Ini untuk menggalang kekuatan tersendiri di pemerintahan. "Tapi bukan berarti, jika  pendampingnya birokrat, kekuatan pemerintahan berkurang," katanya.

Hanya, jika Abdul Latif berpasangan dengan Faisal Tahir, tim pemenanganya harus bekerja keras untuk menyiapkan kendaraan politik lainnya. sebab Partai NasDem Pinrang hanya memiliki 2 kursi di parlemen.

"Bagusnya adalah karena Faisal Tahir cukup familiar di masyarakat. Dan punya kantong-kantong suara yang jelas," ulas Nasri. 

Sementara jika berpasangan dengan Bahran Jafar, maka Abdul Latif harus memperkuat tim bagian utara Pinrang. Sebab basis Abdul Latif berada di pusat kota, bagian selatan dan barat Pinrang. Sedangkan Bahran mewakili dapil III yang meliputi Kecamatan Wattang Sawitto, Paleteng dan Kecamatan Tiroang.  

Adapun Kartini lolo, menurut Nasri, selain punya basis di Lembang, Batulappa dan Duampanua, juga punya kekuatan finansial. "Kalau dengan Andi Sofyan Nawir, ketokohannya cukup mengakar. Sebab, dia adalah anak dari mantan bupati Andi Nawir," tutup Nasri.