Kamis, 15 Juni 2017 10:06 WITA

Pilkada Pinrang 2018

Duet Jamaluddin Jarre-A Mappanyukki Harus Kerja Keras

Penulis: Suardi Digat
Editor: Fathul Khair Akmal
Duet Jamaluddin Jarre-A Mappanyukki Harus Kerja Keras
Bakal calon bupati Pinrang, Jamaluddin Jafar Jerre (batik biru)

RAKYATKU.COM, PINRANG - Pasangan bakal calon bupati Kabuapaten Pinrang Jamaluddin Jaffar Jerre Andi Mappayukki, masih haru bekerja keras. Meskipun diakui, kedua figur itu memiliki basis massa yang besar di Kabupaten Pinrang.

Pemerhati Politik Pinrang Nasri Aboe mengatakan, paket bakal calon bupati dan wakil bupati ini, terbilang cukup kuat. Apalagi program penanaman talas yang digalakkan, mulai dinikmati warga.

"Sementara pasangannya, Andi Mappayukki yang pernah memimpin Dinas Pendidikan, tentu memiliki fanatisme tersendiri dari kalangan guru," kata dia saat dihubungi Kamis (15/6/2017).

Hanya saja kata dia, Andi Mappanyukki yang lama vakum di Dinas Pendidikan, ditambah dengan peralihan SMK dan SMA ke provinsi, akan menggerus pendukungnya di sekolah-sekolah.

"Tentu guru yang ada di SMA/SMK akan mendukung calon yang berasal dari provinsi," tambahnya.

Alasaanya lagi kata dia, para guru yang mengajar di SMK/SMA, tentu akan menunjukkan loyalitas dan dukungan kepada figur yang selama ini berkarir di provinsi. "Hal ini bisa dilihat, sudah banyak guru yang terang-terangan mendukung calon dari provinsi," ujar Nasri.

Dengan demikian lanjut dia, basis dari kalangan tenaga pendidikan, yang mendukung pasangan bakal calon ini jika berpaket, hanya berasal dari kalangan pendidik tingkat SD dan SMP. "Itu pun tidak menyeluruh," katanya.

Untuk tetap eksis dan diperhitungkan, pasangan ini tetap harus memasang jejaring di bagian utara dan barat Kabupaten Pinrang. "Karena di bagian selatan, paket ini cukup populer," demikian Nasri.