Sabtu, 15 Juli 2017 16:17 WITA

Tipe Pemilih di Pilkada Pinrang Versi Lapanrita Centre

Editor: Fathul Khair Akmal
Tipe Pemilih di Pilkada Pinrang Versi Lapanrita Centre

RAKYATKU.COM, PINRANG - Direktur Eksekutif Lapanrita Centre, Abdul Rasyid Panrita mengungkapkan, tipe pemilik suara di Pilkada Pinrang mendatang.

Dia mengatakan, tipe pemilih di Pinrang diantaranya pemilih cerdas, pemilih kultural, pemilih loyalitas dan pemilih yang menunggu serangan fajar.

Pemilih cerdas menurut dia, adalah pemilih yang memilih pasangan calon bupati dan wakil bupati, berdasarkan program yang ditawarkan. "Pemilih zona ini, tidak mau menggadaikan hak pilihnya dengan sesuatu," kata Abdul Rasyid, Sabtu (15/7/2017).

Kedua, pemilih kultural. Pemilih tipe ini, adalah pemilih yang memiliki kesamaan kultur, budaya dan daerah. Ia menjelaskan, pemilih ini akan memilih salah satu dari calon bupati dan wakil bupati, karena faktor kedaerahan.

Tipe Pemilih di Pilkada Pinrang Versi Lapanrita Centre

Direktur Eksekutif Lapanrita Centre, Abdul Rasyid Panrita (foto:Facebook)

Sementara untuk pemilih loyalitas tambah dia, adalah pemilih yang memilih berdasarkan hubungan kedekatan dengan salah seorang calon bupati dan wakil bupati. 

"Tapi pemilih zona ini, tetap mengambil pemberian yang diberikan paslon. Namun tidak akan mencoblos calon yang memberikan sesuatu kepada mereka," ujarnya.

Adapun lanjut dia, pemilih yang menunggu serangan fajar yaitu pemilih yang berprinsip lebih baik menikmati dan menerima pemberian paslon, karena percaya para calon kepala daerah dan wakilnya itu, belum tentu memberikan sesuatu jika sudah terpilih sebagai bupati dan wakil bupati.

"Biasanya, pemilih zona ini, memilih berdasarkan besarnya pemberian pasangan calon" pungkasnya.