Senin, 17 Juli 2017 14:56 WITA

Tangis Haru Pengayuh Becak Didatangi IYL di Bantaeng

Editor: Adil Patawai Anar
Tangis Haru Pengayuh Becak Didatangi IYL di Bantaeng

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Masih ingat Abd Hamid, 68 tahun, di Bantaeng? Pria separuh baya yang sempat menjadi viral di media sosial kala sempat berniat ingin mengayuh becaknya ke Makassar untuk bertemu Ichsan Yasin Limpo (IYL), "mimpinya" akhirnya bisa terwujud.

Bukan mengayuh becaknya ke Makassar, melainkan bisa bertemu langsung Sang Punggawa. Sangat spesial, karena orang yang diidolakannya sejak dulu, tiba-tiba mendatangi kediaman pribadinya di Kampung Maricayya, Kelurahan Letta, Bantaeng, Senin (17/7/2017) siang.

Tanpa ada penyampaian sebelumnya, IYL yang datang ke Bantaeng melantik pengurus PMI yang baru, menyempatkan waktunya menemui Hamid yang sejak beberapa bulan terakhir, membranding becaknya dengan tulisan Punggawa.

Hamid yang siang itu lagi bersantai dengan istri dan anaknya, spontan keluar dari rumahnya saat beberapa tetangganya menyebut ada IYL mendatangi kediamannya.

"Naikki Karaeng ke ballakku. Terima kasih Punggawa," sambut Hamid, sembari memeluk Ichsan penuh kebahagiaan yang seolah tak percaya jika orang yang diidolakannya datang menemuinya.

Tangis Haru Pengayuh Becak Didatangi IYL di Bantaeng

Pertemuan penuh haru berlanjut kala IYL yang dikenal sebagai tokoh peduli kemanusiaan ini, naik ke rumah kayu milik Hamid. Selama sekitar 45 menit, Hamid terus melayani pertanyaan IYL, terutama soal aktivitas kesehariannya.

"Mana ki istri dan anak ta?," tanya Ichsan yang langsung direspon Hamid dengan memanggil istri dan anaknya yang seolah segan duduk di samping IYL.

Berselang beberapa detik kemudian, istri Hamid, Nurlela, serta anak sulungnya yang bakal  mendaftar di salah satu perguruan tinggi swasta, kemudian duduk di samping IYL.

"Sini ki Nak," sapa IYL ke putri Hamid.

Karena terharu mendapat perlakuan istimewa dari Punggawa, baik Hamid, maupun istrinya tak kuasa menahan tangis harunya. Apalagi saat IYL menyampaikan terima kasih sudah berkenan menyosialisasikannya.

"Terima kasih. Berita ta yang pernah muncul di media, itu banyak dibaca orang. Menggugah. Luar biasa cara ta," puji Ichsan yang lagi-lagi haru.

Berdasarkan pantauan, kedatangan IYL di kediaman sederhana Hamid, menjadi pusat perhatian para tetangga Hamid. Bahkan puluhan warga ikut mengunjungi rumah ayah dua anak ini sambil meneriakkan yel yel Punggawa.

Saat IYL meminta pamit untuk singgah di salah satu warkop, IYL mengajak Hamid dan keluarganya untuk berfoto bersama.

"Salam Punggawa lagi Bu," kata Hamid kepada istrinya.

Tangis Haru Pengayuh Becak Didatangi IYL di Bantaeng

Loyalitas Hamid ke IYL memang tak perlu diragukan. Selain becaknya yang dibranding dengan memuat kata Punggawa, Ichsan Yasin Limpo, DD I YL, beragam atribut juga dipasang di rumahnya.

Di bagian depan, nampak banner yang bertuliskan Ichsan Yasin Limpo. Begitu juga puluhan stiker yang memuat gambar dan nama IYL. Bukan hanya itu, di meja tamunya, juga terdapat bingkai yang didalamnya memuat foto IYL.