Selasa, 25 Juli 2017 08:51 WITA

Tak Ada Ini, Warga Pinrang Dipastikan Tak Bisa Gunakan Hak Pilih

Editor: Adil Patawai Anar
Tak Ada Ini, Warga Pinrang Dipastikan Tak Bisa Gunakan Hak Pilih
Kepala Bagian Administrasi dan Informasi Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pinrang, Nasruddin.

RAKYATKU.COM, PINRANG - Warga Kabupaten Pinrang yang tidak melakukan perekaman Kartu tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dipastikan kehilangan hak pilih pada Pilkada, Pileg, maupun Pemilu.

Kepala Bagian Administrasi dan Informasi Data Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pinrang Nasruddin mengatakan, berdasarkan aturan, setiap warga yang tidak memiliki KTP Elektonik, maka tidak berhak untuk menggunakan hak pilihnya di Pilkada Pinrang.

"Tanpa Kecuali, siapa pun yang tidak melakukan perekaman, hak pilihnya hangus " kata dia, kepada Rakyatku.com di ruang kerjanya, Selasa (25/7/2017).

Meski kata dia, wajib pilih yang belum mengantongi fisik KTP elektronik, dapat menggunakan surat keterangan (suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Bahkan jika tidak memiliki undangan mencoblos, dapat menggunakan KTP ataupun Suket yang ada," jelasnya.

Dirinya menargetkan, perekaman  di Kabupaten Pinrang selesai pada akhir tahun ini.

"Sehingga semua warga Pinrang dapat menggunakan hak suaranya di Pilkada mendatang," jelasnya.

Ketua KPU Pinrang Mansyur Hendrik membenarkan, setiap wajib pilih diharuskan untuk melakukan perekaman KTP elektronik sebelum menggunakan suaranya di Pilkada Pinrang.

"Aturannya memang seperti itu," jelasnya.

Dia mengatakan, saat ini KPU Pinrang intens melakukan sosialisasi dengan Dinas Kependudukan daan Catatan Sipil terkait keharusan wajib pilih untuk melakukan perekaman e-KTP.

"Untuk pengelolaan data pemilih akan dilakukan pada awal tahun depan," pungkasnya.