04 August 2017 14:25 WITA

Pemkot Parepare dan KPU Sepakati Anggaran Pilkada Rp16 Miliar

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pemkot Parepare dan KPU Sepakati Anggaran Pilkada Rp16 Miliar
Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Jumat (4/8/2017).ist

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menyetujui jumlah anggaran Pilwalkot Parepare 2018 sebesar Rp16 miliar. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Jumat (4/8/2017).

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe dalam sambutannya, menjelaskan KPU sebagai garda terdepan dalam proses demokrasi bangsa. "Olehnya itu, kerja KPU bukanlah sesuatu yang ringan sebagai lembaga yang menjalankan kedaulatan rakyat dalam pesta demokrasi," ujar dia.

Taufan menjelaskan, besaran anggaran itu merupakan hasil rasionalisasi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan memperhatikan substansi masalah yang taat asas, taat administrasi, dan taat anggaran.

"Angka awal yang diajukan TAPD ke saya dari anggaran Rp21,9 miliar dari KPU sebesar Rp9 miliar. Tapi saya melihat angka itu kecil, sehingga harus dirasionalisasi lagi dengan melihat potensi 5 Paslon, sesuai dengan jumlah 25 kursi di DPRD Parepare," jelas dia.

Taufan juga berpesan kepada KPU Kota Parepare untuk berhati-hati dalam mengelola anggaran. "Sedapat mungkin memperhatikan dan mencermati laporan keuangan dan variabel-variabelnya," kata dia.

Anggaran hibah KPU Kota Parepare akan dicairkan dalam dua tahap, yakni sebanyak Rp4 miliar di APBD Perubahan 2017 dan sebanyak Rp12 miliar pada APBD Pokok 2018.