06 August 2017 18:30 WITA

Partai Politik Tak Boleh Minta Mahar ataupun Dalih Survei Internal

Editor: Almaliki
Partai Politik Tak Boleh Minta Mahar ataupun Dalih Survei Internal

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Jumadir anggota KPU Enrekang dari Divisi Hukum, dengan tegas menyatakan jika ada partai politik (Parpol) yang membebankan biaya survei kepada bakal calon kandidat, itu adalah pelanggaran yang sanksinya sangat berat.

"Itu adalah pelanggaran, tak boleh ada biaya apapun yang dibebankan kepada bakal calon. Meski itu sebagai biaya survei internal partai. Ini sanksinya berat, denda 10 kali lipat dari yang diterima, dan partai tersebut tidak boleh ajukan bakal calon berikutnya," ujar Jumadir, Minggu (6/8/2017).

Sedang bagi calon kandidat yang terbukti memberikan imbalan kepada partai, akan dibatalkan pencalonannya oleh KPU.

Meski hampir semua partai mengklaim tidak mengenakan mahar atau biaya daftar, namun ada partai yang membebankan biaya survei dengan jumlah puluhan juta yang dibagi rata kepada bakal calon yang mendaftar di partai yang dimaksud.

"Banyak partai yang mengakali peraturan dengan melakukan pungutan seperti itu, padahal sudah jelas tidak dibolehkan. Kami tahu ada partai di Enrekang bebankan biaya survei. Kita akan tindak. Masyarakat diminta untuk laporkan ke Panwas atau polisi jika mendapati pelanggaran yang dilakukan partai atau bakal calon bupati," tukasnya.

Tags
kpu