Rabu, 09 Agustus 2017 19:44 WITA

Ribuan Warga Bone Terancam Hilang Hak Pilih

Editor: Almaliki
Ribuan Warga Bone Terancam Hilang Hak Pilih

RAKYATKU.COM, BONE - Sedikitnya 120 ribu warga Bone terancam tidak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2018 mendatang, sebab banyak warga Bone yang belum merekam KTP-el.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone memperingatkan, peserta pemilu terancam tidak memilih pada Pilkada Bone sebab tahapan pilkada yakni penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) akan dilaksanakan pada Oktober 2017 mendatang. 

Kepala Bidang Data dan Aset Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, Yusnan Suyuti menjelaskan salah satu kewajiban sebagai peserta pemilu, yakni masyarakat yang sudah memiliki KTP-el atau surat keterangan KTP-el. 

"Warga yang saat ini masih memiliki surat keterangan yang diisyaratkan, bisa memilih. Akan tetapi, surat keterangan tersebut memiliki masa berlaku selama enam bulan. Jika masanya habis sebelum Pilkada nanti, maka harus diperpanjang,” kata Yusnan, Rabu (9/8/2017).

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone, Andi Darmawan mengatakan, bahwa pihaknya harus tetap optimis menyelesaikan perekaman hingga 31 Desember mendatang.

"Selama ini kita sudah merekam KTP-el di 27 Kecamatan dengan fasilitas yang memadai," kata Darmawan.