Kamis, 10 Agustus 2017 14:53 WITA

Smart Idea Partai Berlambang Mercy di Pilkada Sulsel

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Smart Idea Partai Berlambang Mercy di Pilkada Sulsel
DPD Demokrat Sulsel akan menggelar fit and proper test serta simposium, untuk menentukan usungan di Pilkada Kabupaten dan Provinsi Sulsel.

RAKYATKU.COM - Di sebuah rumah makan, tepatnya Jalan Pengayoman, Makassar, Rabu, 9 Agustus, pukul 19.00 Wita. Belasan maha guru dan maha terpelajar berkumpul. Selebihnya, adalah dari kalangan pers dan Non Goverment Organisation (NGO).

Kehadiran para maha guru, maha terpelajar, kalangan pers  dan NGO ini, karena mendapat undangan khusus dari partai berlambang mercy; Partai Demokrat Sulsel. 

Tujuannya, selain silaturahmi, juga partai besutan SBY itu ingin mendapatkan masukan terkait proses demokrasi di Sulsel. Ya, kebetulan Sulsel akan menggelar pilkada serentak yang hari H-nya digelar pada 27 Juni 2018, mendatang.

Pertemuan yang didahului santap malam dengan penuh keakraban itu, dipimpin langsung Ketua DPD I Demokrat Sulsel, Ni'matullah. Disamping Pak Ketua,--demikian Ni'matullah akrab disapa--ada Haidar Madjid. Sosok yang begitu akrab di kalangan media. Juga, beberapa pengurus DPD I Partai Demokrat Sulsel.

"Semoga keselamatan dan rahmat Tuhan serta keberkahan-Nya terlimpahkan kepada kalian semua (Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh)," demikian Ni'matullah, membuka pertemuan. 

Smart Idea Partai Berlambang Mercy di Pilkada SulselAda dua agenda utama yang disampaikan Ni'matullah, jelang Pilkada Sulsel. Pertama adalah fit and proper test bagi 90-an bakal calon gubernur/bupati/wali kota se Sulsel yang telah mendaftar di Partai Demokrat. Rencananya digelar Agustus ini. Kedua, rencana simposium untuk bakal calon gubernur Sulsel yang mendaftar di Partai Demokrat. 

"Saya meminta masukan kita semua agar Patai Demokrat betul-betul bisa memilih pemimpin yang tepat untuk rakyat. Itulah salah satu tujuan kita bersilaturahmi dan berkumpul malam ini," katanya, membuka pertemuan yang mungkin lebih tepat disebut diskusi "ringan".

Smart Idea Partai Berlambang Mercy di Pilkada SulselSetelah membuka diskusi "ringan", Ni'matullah kemudian memberikan kesempatan ke peserta forum diskusi. Satu per satu peserta diskusi itu pun memberikan pendapat. Rakyatku.com yang ikut dalam diskusi itu, merasakan bagaimana maha guru dan maha terpelajar secara tegas mengapresiasi langkah Partai Demokrat Sulsel yang membuka diri. 

Tak ketinggalan, kalangan media dan NGO, pun memberikan apresiasi yang sama. Tak ayal, langkah Partai Demokrat Sulsel dinilai sebagai smart idea yang patut diacungi jempol. Terkait dengan fit and propert test, Ni'matullah mengurai bahwa ini bukan kali pertama. Pada pilkada 2015 lalu, hal yang sama pernah dilakukan. Dan, lanjut dia, dampaknya memang besar. 

Loading...

Smart Idea Partai Berlambang Mercy di Pilkada SulselNi'matullah berkisah, saat hasil fit and propert test Partai Demorat Sulsel diajukan kepada SBY, semua calon yang diusulkan diterima. Tidak itu saja. Pembahasan penentuan calon yang diusulkan Partai Demokrat Sulsel juga begitu cepat. "Karena kita mempunyai dasar dalam menentukan calon pemimpin. Begitu lengkap dan detail," tambahnya, pasti. 

Sehingga, Ni'matullah pun menyampaikan terima kasih kepada partai lain yang ikut melakukan fit and propert test kepada calon kepala daerah yang akan bertarung. "Ini bagus bagi demokrasi kita ke depan," tambahnya.

Simposium

Selain fit and propert test, simposium menjadi hal yang betul-betul dipersiapkan Partai Demokrat Sulsel. Simposium ini, disiapkan khusus bagi bakal calon gubernur Sulsel yang akan bertarung di Pilkada Sulsel, 2018 mendatang. 

Pada simposium yang bertema utama "Arah Sulsel ke Depan" itu, bakal calon gubernur akan memaparkan program, visi, dan misinya. Dan itu, dibedah para peserta. 

Smart Idea Partai Berlambang Mercy di Pilkada SulselLangkah Demokrat Sulsel yang membuat terobosan baru itu, lagi-lagi mendapat apresiasi. Dan Ni'matullah meyakinkan, akan melibatkan perguruan tinggi dan semua pihak sehingga hasil yang diinginkan bisa maksimal. 

Sebagai tindaklanjut dari simposium yang rencananya digelar September itu, Ni'matullah akan melakukan audiensi kepada sejumlah perguruan tinggi di Sulsel. "Mudah-mudahan, apa yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi Sulsel. Bagi rakyat banyak," kata Ni'matullah, penuh harap.

Loading...
Loading...