11 August 2017 09:45 WITA

Pilkada Sidrap

Fatmawati RMS di Ambang Melawan Kotak Kosong

Editor: Mulyadi Abdillah
Fatmawati RMS di Ambang Melawan Kotak Kosong
Sumber Foto: Facebook Fatmawati RMS

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fatmawati RMS berpotensi melawan kotak kosong pada Pilkada Sidrap 2018. Aksi 'borong' parpol kian tak terbendung. 

Fatmawati, suami Bupati Sidrap Rusdi Masse (RMS), hingga saat ini sudah mengantongi 4 tiket parpol dari 11 parpol pemilik kursi di DPRD Sidrap. 

Partai itu yakni NasDem (4 kursi), PAN (3 kursi), PKS (4 kursi) dan PPP (2 kursi). Dengan demikian, Fatma mengantongi 13 kursi. Jumlah ini sudah melebihi syarat dukungan minimal, yakni 7 kursi.  

Jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah. Sebut saja Partai Golkar yang mengontrol 9 kursi dan PKB (1 kursi) serta PBB (2 kursi).

Golkar hampir pasti berkoalisi di Sidrap pasca pertemuan Ketua DPW NasDem Sulsel, RMS dengan Ketua Harian DPP Golkar, Nurdin Halid dan Sekjen DPP Golkar, Idrus Marham beberapa waktu yang lalu di Jakarta. Koalisi ini dengan catatan, NasDem menyokong Nurdin Halid pada Pilgub Sulsel. Fatmawati juga terdaftar di PKPI, Hanura, Gerindra, dan Demokrat. 

Baca: 

Direktur Lembaga Survei Epicentrum Politica, Iin Fitriani menilai, dengan merapatnya partai-partai tersebut memperlihatkan pengaruh politik keluarga Rusdi Masse sangat kuat di Kabupaten Sidrap.

"Selain dukungan penuh sang suami, secara pribadi Ibu Fatmawati Rusdi juga sudah berpengalaman sebagai anggota DPR RI. Jadi, pertarungan kali ini tentu bukan yang pertama baginya. Terbukti dengan dukungan elektoral Ibu Fatmawati Rusdi yang trennya juga selalu naik," urai Iin saat dikonfirmasi Rakyatku.com, Kamis (10/8/2017) malam.

Dengan tiket parpol yang digenggam saat ini, kata Iin, peluang Fatmawati RMS memenangi pertarungan dalam kontestasi Pilkada Sidrap 2018 mendatang sangat lapang.

"Peluangnya kuat, partai yang merapat dan berpotensi menunjukkan koalisi gemuk itu saja kan sudah membuktikan kemampuannya. Hal tersebut mempengaruhi pertimbangan partai-partai itu untuk memberikan rekomendasinya ke Ibu Fatmawati Rusdi," tuturnya.

Iin menambahkan, Fatmawati RMS tentu sudah menjadi lawan berat buat pesaingnya dalam perhelatan politik nantinya. Sebut saja Dollah Mando, yang saat ini menjabat wakil bupati Sidrap/ 

"Dia (Fatmawati RMS) akan jadi lawan berat buat yang lainnya. Bahkan lawan berat buat kotak kosong, kalau memang itu terjadi. Sebab di Sidrap termasuk daerah dengan partisipasi pemilih yang cukup baik, di Pilbup Sidrap 2013 lalu sekitar 72%," kata Iin.

Meskipun demikian, Iin tak menampik bahwa partai politik yang belum menentukan pilihan juga masih memiliki peluang untuk memunculkan calon pesaing.

"Selain itu, masih ada peluang juga bagi calon lain untuk menempuh jalur independen. Kita akan melihat parpol mana dan figur mana yang berani menempuh jalur tersebut," demikian Iin.

Parpol dan Jumlah Kursi di DPRD Sidrap:

  • Golkar 9 kursi
  • NasDem 4 kursi
  • PKS 4 kursi
  • Demokrat 4 kursi
  • PAN 3 kursi
  • Gerindra 3 kursi
  • Hanura 2 kursi
  • PPP 2 kursi
  • PBB 2 kursi
  • PKPI 1 kursi
  • PKB 1 kursi