Jumat, 11 Agustus 2017 21:13 WITA

380 Ribu Suara Pemilih Pemula Diperebutkan di Pilgub Sulsel

Editor: Adil Patawai Anar
380 Ribu Suara Pemilih Pemula Diperebutkan di Pilgub Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - 380 ribu pemilih pemula diperebutkan di Pilkada Sulsel 2018. Hal itu terlihat berdasarkan data Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Sulawesi Selatan.

"Jumlah pemilih kita untuk sementara ini sama dengan estimasi KPU 6,8 juta, semua itu yang wajib KTP 2017. Akan tetapi saat 2018 nanti ada sekitar 380 ribu yang bertambah sebagai pemilih pemula,"  ujar Lurfi Natsir, kepada Rakyatku.com, Jumat (11/8/2017) 

Lutfi menjelaskan, saat ini mereka masih berumur1 6 tahun, namun memasuki 2018, mereka sudah berumur 17 tahun. Artinya mereka sudah bisa memilih atau wajib pilih. 

"Jadi totalnya kira-kira nanti pemilih di 2018 sebanyak 7,1. Itu tidak kita melihat dari segi urbanisasi, tapi intinya yang terdaftar nanti 7,1juta," katanya. 

Jumlah tersebut, belum termasuk masyarakat yang akan wajib pilih karena menikah muda. Untuk itu kata dia, jumlah wajib pilih akan terus bertambah seiring bertambahnya masyarakat yang menikah muda. 

"Karena apabila ada masyarakat yang menikah meskipun masih berumur 15 tahun itu tetap sudah bisa memilih atau wajib pilih. Makanya kita akan terus pantau setiap saat untuk wajib pilih," jelasnya. 

Hal itu juga yang menjadi alasan sehingga Disdukcapil belum melakukan perekaman terhadap masyarakat yang akan memilih nantinya. 

"Kita belum melakukan perekaman karena mereka belum wajib KTP, nanti setelah wajib KTP baru dilakukan perekaman," pungkasnya.