12 August 2017 17:23 WITA

Danny, Ical atau Aru, Kemana Rekomendasi PKPI?

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Danny, Ical atau Aru, Kemana Rekomendasi PKPI?
Deng Ical (tengah, berpeci) bersama kader PKPI Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Empat bakal calon Wali Kota Makassar bersaing memperebutkan rekomendasi PKPI di Pilwalkot Makassar 2018. Tiga diantaranya bisa disebut "gajah". Yakni Walikota Makassar, danny Pomanto. Kemudian Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal alias Deng Ical dan Ketua DPRD Makassar, Farouk M Betta.

Satu lagi politisi berpengalaman, Andi Mustaman. Menurut Ketua DPK PKPI Makassar, Muhammad Irsat, keempat bakal calon tersebut telah menjalani fit and proper test yang merupakan rangkaian dari penjaringan.

"Mereka semua sudah jalani mekanisme yang telah kita tetapkan di partai. Sisa menunggu lanjutnya saja," ucapnya, saat dikonfirmasi, Sabtu (12/8/2017).

Menurut Irsat, fit and proper test ini dilakukan guna untuk menggali lebih jauh, program serta visi-misi dari tiap bakal calon, sebelum diberikan rekomendasi. "Tentu juga, siapa yang mampu bersinergi dengan partai kami ke depan," papar Irsat.

Lebih lanjut, Irsat mengungkap, hasil dari fit and proper test ini akan diserahkan ke DPN PKPI dalam waktu dekat. "Pusat nantinya akan mempertimbangkan hasil penjaringan yang telah dilakukan. Setelah itu baru diberikan rekomendasi," ucapnya.

Ia pun menyatakan, semua bakal calon pendaftar di PKPI memiliki peluang yang sama hingga saat ini. Untuk itu, dia berharap, seluruh pendaftar agar tetap konsisten untuk mengikuti tahapan-tahapan berikutnya. 

Seperti diketahui, PKPI punya 1 kursi di DPRD Makassar. Sementara, syarat dukungan pasangan calon untuk maju di Pilwalkot Makassar, yakni minimal 10 kursi. Baik tunggal, maupun gabungan parpol.