13 August 2017 14:14 WITA

Dianggap Menjiplak Foto, Jubir NH-Aziz: Itu Bukan dari Kami

Editor: Fathul Khair Akmal
Dianggap Menjiplak Foto, Jubir NH-Aziz: Itu Bukan dari Kami
Risman Pasigai

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Soalisasi atribut via media sosial Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar, menuai komplain. Pasalnya, desain poster yang dibuat oleh relawan "Sahabat NH" pada akun Instagram, bukan karya tim atau pun relawan. Namun, hasil karya orang lain. 

Saat ini, foto unggahan Sahabat NH di Instagram telah dihapus oleh pemegang akun. Hal itu terungkap, kala sang empunya foto menyebar foto asli tersebut ke laman beranda FB dan Instagram, pada 7 Agustus lalu. 

Di FB, pemilik akun bernama Budi Cc-Line tersebut mengunggah foto yang sama dengan akun Instagram-nya yang bernama @budiccline.

Di postingan FB, Budi hanya menyertakan URL link untuk gambar asli yang terposting pada 5 April 2013 lalu. Lalu, Budi hanya menandai tiga rekannya.

Desain gambar NH-Aziz yang dianggap menjiplak foto pemilik akun Facebook bernama Budi Cc-Line

Sementara, di akun Instagram miliknya, ia yang dalam biodatanya berdomisili di Yogyakarta, membubuhi dengan keterangan gambar, "Terima kasih....fotoku makin terkenal...#sahabatnh #kerabatnh #sahabatnhofficial".

Sontak, postingan Budi menuai reaksi dari warganet. Tak ayal, cibiran teruju pada akun relawan NH-Aziz.

" Inilah yang dinamakan menciplak Hak orng...Kreatif dikit dong Bang....???," tulis salah satu nitizen bernama Irfan.

"Di Indonesia hal seprti ini sudah biasa. Pengen hasil maksimal tp ga mau modal. Yg ngedesign udah dapet duit desain tuh bro. Ala ala minta maaf cari pembelaan. Udah maling ya maling aja.. Akui aja. ( ia saya maling karya bapak. Saya salah dan siap menerima ganjarannya! ) kelar kan.. #indonesiakrisisakhlak," tulis akun lainnya, Dangiang T M.

"yg namanya penggunaan foto itu harusnya gak main comot aja walau disana menggunakan watermark si Fotografer....Hubungi langsung minta dengan baik...ada unggah ungguhnya wong mau pake gratisan kok ya males....kebiasaan buruk....#kiriminvoice biar afdol," ucap Lili Aini LA

Namun, ada juga yang mencoba membela. "Foto kalau sdh uppload di FB sdh milik bersama... coba deh mas baca syarat dan ketentuan FB jika Sdh uppload foto," kata Herdinal Piligan.

Juru Bicara Tim G-NH 17, Risman Pasigai angkat bicara perihal foto tersebut. Menurut Risman, tim dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel tersebut tidak pernah memproduksi desain tersebut.

"Kami tidak tahu siapa yang buat, karena kan banyak simpatisan yang buat sendiri," ujar Risman, saat dikonfirmasi via pesan elektronik, pada Minggu (13/8/2017).

Ditanya, apakah mengetahui siapa pemilik akun "Sahabat NH", lagi-lagi Risman menegaskan, tak pernah berkoordinasi dengan pihak terkait. "Tim Resmi NH baik di Golkar maupun G-NH 17 tidak pernah merilis gambar begitu. Coba lihat baik-baik gambarnya," tegas Risman, yang juga Juru Bicara DPD I Golkar Sulsel tersebut.

Ia hanya menegaskan, produksi gambar tersebut bukan resmi dari tim, melainkan dari relawan maupun simpatisan. Sebab, katanya, banyak relawan dan simpatisan yang merapat bersama NH-Aziz.

Kendati demikian, ia membela unggahan dari foto relawan yang dianggap mencaplok karya orang lain itu. Menurutnya, relawan tersebut tidak mengerti terkait pengambilan karya orang untuk disertakan dalam desain gambar.

"Pada desain itu, relawan hanya mencantumkan alamat sumber pengambilan gambar, yaitu alamat postingan gambar itu di Twitter," kata Risman.

Sementara, seyogyanya mencantumkan nama pemilik foto. Tidak cukup hanya dengan menampilkan alamat sumber foto tersebut.

"Jadi, tidak ada niat mencaplok secara semberono karena sumber postingan itu dicantumkan ji," pungkas Risman.