13 August 2017 14:29 WITA

Desain NH-Aziz Dicap Plagiat, Golkar Sulsel Angkat Bicara

Editor: Almaliki
Desain NH-Aziz Dicap Plagiat, Golkar Sulsel Angkat Bicara

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebuah unggahan desain dari akun sosial media Sahabat NH Official dikritik, usai akun @budiccline mengklaim bahwa desain yang dipakai Sahabat NH merupakan hasil karyanya.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara (Jubir) Golkar Sulsel, Maqbul Halim angkat bicara. Menurutnya, ada ketidakmengertian dari tim Sahabat NH, sebab pada desain tersebut hanya mencantumkan alamat sumber pengambilan gambar, yaitu alamat unggahan gambar tersebut di sosial media Twitter.

"Sementara menurut lazimnya, harus mencantumkan nama pemilik foto atau tidak cukup dengan hanya menampilkan alamat sumber foto itu diambil," ujarnya ketika dikonfirmasi, Minggu (13/8/2017).

Lebih lanjut. Maqbul menjelaskan bahwa tidak ada niat sama sekali dari Sahabat NH untuk menjiplak hasil karya orang lain.

 

"Jadi tidak ada niat mencaplok secara sembrono. karena sumber unggahan tempat gambar tersebut diambil tetap dicantumkan," pungkasnya.

Sementara itu, akun sosial media Sahabat NH Official sendiri sudah mengklarifikasi dan meminta maaf terkait unggahan tersebut.

"Kami selaku tim desain sosial media Sahabat NH memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Kami sangat menghormati dan menghargai hasil karya fotografi."

"Khusus yang beredar di internet, kami selalu mencantumkan sumber link/url atau pranala tempat kami mengkopi gambar, sebagai apresiasi kami atas sebuah karya seni. Namun kami tidak mengira jika foto yang kami kopi tersebut ternyata bukan sumber utama. Yang mana foto tersebut sudah tidak memuat water mark 'Budi CC Line' sebagai pemilik sah foto tersebut. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekeliruan ini," tulis akun Sahabat NH Official dalam klarifikasi resminya.

Sekadar diketahui, unggahan tersebut sudah dihapus oleh semua akun pemenangan Nurdin Halid dan Azis Qahhar.