Rabu, 06 September 2017 16:18 WITA

PKPI akan Usung Basmin Mattayang di Pilkada Luwu

Editor: Almaliki
PKPI akan Usung Basmin Mattayang di Pilkada Luwu
Basmin Mattayang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Selangkah lagi, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) bakal mengusung calon bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang pada Pilkada 2018 mendatang.

Kepastian PKPI bakal mengusung Basmin Mattayang, ditegaskan langsung Wakil Ketua DPP PKPI Sulsel, Muhammad Arqam, Rabu (6-9-2017).

"Salah satu figur kita lihat memang adalah Bapak Basmin Mattayang. Kami tinggal melihat dan mengusul siapa yang mendampingi beliau," kata Arqam.

Dia mengatakan, PKPI di Pilkada Luwu ingin jadi motor utama pemenangan. PKPI disebut tidak ingin ketinggalan momen.

"Kalau mau lihat tren survei, Basmin Mattayang cukup jauh elektabilitasnya. Ini karena tiga kali bertarung, dan tidak ada yang tidak kenal beliau," katanya.

Meskipun begitu, rekomendasi sebagai legalitas resmi dukungan belum ada. "Kita tunggu siapa wakilnya, baru keluarkan rekomendasi," ujarnya.

Mengenai wakil, PKPI disebut akan merujuk pada hasil survei. "Kita berharap pasangannya bisa membantu memenangkan pertarungan. Paling memungkinkan Pak Syukur Bijak," ujar dia.

Sementara itu, juru bicara Basmin Mattayang, Adiyatma menyambut baik sikap politik PKPI tersebut. Ia mengungkapkan, Basmin Mattayang sangat bersyukur mendapat dukungan dari PKPI.

"Saya langsung telfon Opu (Basmin Mattayang), dan beliau mengaku bersyukur. Beliau menyampaikan langsung rasa syukurunya apa yang menjadi respon PKPI ini," kata Adiyatma.

Ia menganggap, PKPI sebagai salah satu partai yang memiliki infrastruktur partai yang rapi, dan punya kader militan. Sehingga kata dia, dengan bergabungnya PKPI tersebut, menjadi angin segar bagi agenda politik Basmin Mattayang di kontestasi Luwu mendatang.

"Dalam waktu dekat Opu akan segera menghadap ke PKPI, kita akan menyampaikan rasa terima kasih. Apa lagi PKPI ini mesin partainya bekerja dan sangat efektif di Luwu," ujarnya.

Pengamat politik, Suadi Idris Amir mengatakan, dari data yang dimiliki, Basmin Mattayang merupakan kandidat terkuat di Pilkada Luwu mendatang. Apa lagi dengan bergabungnya PKPI, menjadi tambahan 'amunisi' bagi Basmin Mattayang di Pilkada Luwu.

"PKPI ini tentu mencari kandidat yang punya potensi menang, apa lagi dengan mendukung Pak Basmin, ini tentu ada simbiosis mutualisme bagi keduanya," tegasnya.

Lebuh Jauh, Suadi mengatakan, kontestasi politik di Luwu, juga begitu menarik untuk dicermati. Bagaimana tidak, dengan konstelasi politik yang ada sekarang, bisa saja terjadi head to head. Bukan hanya itu, peluang kotak kosong, juga bisa saja terjadi.

"Dengan kondisi yang ada sekarang, kuncinya ada di Golkar. Kalau Golkar merapat ke Pak Basmin, peluang kotak kosong terbuka, karena bisa saja partai lain akan mengikut juga. Dan potensi Partai Golkar ke Pak Basmin juga besar," pungkasnya.