08 September 2017 16:59 WITA

Ini Hasil Survei Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Pemkot Parepare Versi ILV

Editor: Mulyadi Abdillah
Ini Hasil Survei Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Pemkot Parepare Versi ILV
Adi Panrita

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga Indonesia Local Victory (ILV) melansir hasil surveinya tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota Parepare di bawah kendali HM Taufan Pawe-Faisal Sapada. 

Survei ini berlangsung pada akhir bulan Juli 2017 dengan teknik multistage random sampling dan melibatkan 450 responden. Margin of error kurang lebih 4,7%. 

Hasilnya, penilaian warga Kota Parepare terhadap kinerja pemerintah setempat dari berbagai sektor sebetulnya cukup beragam.

Misalnya dalam hal lapangan kerja. Kurang lebih 74,9% warga Kota Parepare merasa tidak puas atas kinerja Pemkot Parepare. Selebihnya, hanya kurang lebih 20,7% warga kota Parepare yang dengan gamblang menjawab puas terhadap kinerja pemerintah kota dalam hal perluasan lapangan kerja. 

Adapun, sisanya kurang lebih 4,4 % warga kota Parepare yang pada saat survei di laksankan tidak bersedia memberikan penilaiannya.

 

Taufan Pawe-Faisal Sapada

"Data hasil survei ini sudah jelas terbaca akan tingginya persentase ketidakpuasan warga kota Parepare terhadap kinerja pemerintah kota dalam menangani masalah lapangan kerja. Inilah kemudian yang bisa kita jadikan kesimpulan bahwa sebetulnya sosok pemimpin yang dibutuhkan ke depan oleh masyarakat kota Pare-Pare adalah sosok yang mampu menghadirkan lapangan kerja yang seluas-luasnya untuk warganya," urai Supervisor Riset ILV, Adi Panrita dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/9/2017). 

Bagaimana di sektor kesehatan dan pendidikan? 

Warga Kota Parepare ternyata merasa cukup puas di dua sektor ini. Kurang lebih 92% warga Kota Parepare merasa cukup puas dengan kinerja pemerintah kota dalam penanganan masalah kesehatan. Hanya ada kurang lebih 7,7 % warga yang merasa tidak puas. Dan sisanya, kurang lebih 0,2% tidak memberikan penilaian sama sekali. 

Begitu juga di sektor pendidikan. Kurang lebih sekitar 89,3% warga kota Parepare merasa puas, 9,3% merasa tidak puas, dan sisanya 1,3% tidak memberikan penilaian.

"Sebagai kesimpulan, sebagian besar sektor kebijakan pemerintah Parepare cukup sukses. Hanya ketersediaan lapangan kerja yang dianggap gagal. Sayangnya ini berkaitan langsung dengan sektor yang berhubungan dengan perut rakyat. Sehingga ini bisa menjadi catatan khusus bagi pemerintah kota Parepare," de
mikian Adi Panrita.