09 September 2017 09:01 WITA

Calon Perseorangan Pilkada Sidrap Butuh Minimal 22 Ribu KTP

Editor: Fathul Khair Akmal
Calon Perseorangan Pilkada Sidrap Butuh Minimal 22 Ribu KTP

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Bagi bakal calon yang ingin maju di Pilkada Sidrap 2018 melalui jalur perseorangan, harus mengantongi foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), minimal 22.500 lembar. 

Regulasi tersebut, acuannya berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap, pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 lalu, sebanyak 224.903.

"Dengan demikian, jumlah KTP dukungan yang harus dikumpulkan bakal calon sebesar 10 persen dari DPT, atau sebanyak 22.491," ujar Komisioner KPU Sidrap, Alimuddin Baharuddin, Sabtu (9/9/2017).

Dia menambahkan, selain dari segi jumlah, KTP dukungan yang dikumpulkan bakal calon bupati tersebut, juga harus masih berlaku dan diakui pemiliknya sebagai bukti dukungan. 

"Dukungan KTP tersebut harus diversifikasi secara faktual oleh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing wilayah, dengan menemui langsung warga yang telah menyerahkan KTP tersebut kepada kandidat tertentu, untuk menanyakan keabsahannya," jelas Alimuddin.

Ditegaskannya, bila warga yang ditemui petugas tersebut membantah telah memberikan dukungan melalui KTP kepada bakal calon tersebut, pihak KPU melalui tim PPK langsung menggugurkan dukungan tersebut, dan dibubuhi tandatangan warga pemilik KTP.

"Aturannya seperti itu, jadi saat diverifikasi faktual, warga pemilik KTP dimintai konfirmasi terkait dukungannya terhadap bakal calon yang bersangkutan," papar Alimuddin.