11 September 2017 08:46 WITA

KPU Sulsel Tetapkan Syarat Minimal Dukungan Calon Independen

Editor: Mulyadi Abdillah
KPU Sulsel Tetapkan Syarat Minimal Dukungan Calon Independen
Misna M Attas

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hasil rapat pleno KPU Sulsel terkait persyaratan dukungan untuk bakal calon gubernur dan wakil guberbur yang ingin maju lewat jalur perseorangan di Pilgub Sulsel 2018 telah ditetapkan, pada Minggu malam (10/9/2017).

Hasilnya, butuh 480.060 minimal dukungan KTP dari masyarakat yang mesti dikumpulkan. Jumlah itu berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2014, Pilkada Serentak 2015 dan 2017 dari 4,6 jiwa penduduk pemilih se-Sulsel.

"Hitungan tersebut diambil dari persyaratan 7,5 persen dari total DPT," kata Komisioner KPU Sulsel, Misna M Attas, saat ditemui di sela-sela rapat pleno yang berlangsung di kantornya, Jalan AP Pettarani.

Dijelaskan lebih lanjut, dukungan KTP yang dikumpulkan, harus berasal dari 13 kabupaten/kota. Sebab berdasarkan PKPU No 1 Tahun 2017, sebaran dukungan buat bakal calon harus 1/2 + 1, dihitung dari 24 kabupaten/kota yang ada di Sulsel.

Selain itu, warga yang memberi dukungannya kepada bakal calon perseorangan, harus berdomisili di daerah tersebut, setidaknya setahun terakhir. Terkait data tersebut, pihaknya akan menyinkronkan dengan DPT terakhir atau DP4. 

"Atau kita akan berkoordinasi dengan Disdukcapil. Kalau Disdukcapil tidak mau bertanggung jawab, tentu kita akan coret dan dukungan itu kita anggap batal atau tidak sah," pungkasnya.