Rabu, 13 September 2017 11:21 WITA

Pilgub Sulsel 2018

Pisah dengan PKS, ke Mana Gerindra?

Editor: Mulyadi Abdillah
Pisah dengan PKS, ke Mana Gerindra?
Ilustrasi: Fadly/Rakyatku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Koalisi nasional Gerindra-PKS di Pilkada Serentak 2018 hampir pasti tak terwujud di Pilgub Sulsel. Padahal, dua partai ini memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon. 

Keduanya kini punya jagoan berbeda. PKS sudah mencoret nama Ichsan Yasin Limpo (IYL) dalam daftar jagoan. Tiket itu hampir pasti mengarah ke Nurdin Abdullah (NA). Sementara nama NA dalam bursa jagoan Gerindra sudah digugurkan. Tersisa dua nama yang menguat dari empat figur yang berpeluang.

Dua nama yang menguat di Gerindra adalah Agus Arifin Nu'mang dan Ichsan Yasin Limpo. Dua nama lainnya adalah Nurdin Halid dan Rivai Ras.

Agus dan IYL memiliki plus minus. Agus adalah kader yang kini menjabat wakil gubernur Sulsel dua periode. Namun, hasil surveinya kurang memuaskan. Sebaliknya dengan Ichsan Yasin Limpo. Bukan kader dan mantan bupati Gowa dua periode, tapi surveinya memuaskan. 

Pisah dengan PKS, ke Mana Gerindra?

Agus Arifin Nu'mang

IYL pun unggul dalam hal tambahan koalisi parpol. Mantan bupati Gowa dua periode itu diusung PAN (9 kursi) dan PPP kubu Romi (7 kursi) sementara Agus baru menggenggam tiket PKB (3 kursi) dan PBB (1 kursi). Syarat mengusung di Pilgub Sulsel minimal 17 kursi di DPRD Sulsel. 

Ketua Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani (IMB) masih enggan mengerucutkan nama yang menguat dari empat figur yang berpeluang. Ditegaskan, pihaknya masih terus menjalin komunikasi politik dengan mereka. Sebab baginya, menentukan arah dukungan politik jelang Pilgub, mesti cermat dan penuh perhitungan.

"Lagian juga sampai saat ini belum ada partai besar yang tentukan pilihan selain Golkar. Jadi kita belum bisa memastikan sampai hari ini. Apalagi Pilgub juga masih lama," ucap IMB saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (13/9/2017).

Pisah dengan PKS, ke Mana Gerindra?

Ichsan Yasin Limpo

Ditanya perihal isu yang beredar, Gerindra mengurutkan ke dua nama, yakni Agus dan IYL, IMB membantah. Katanya, semuanya masih punya peluang yang sama.

Perihal anggota Gerindra, Agus yang telah menggaet kader Demokrat, Aliyah Mustika Ilham, IMB tak mau mengomentari lebih jauh. Yang jelas, menurutnya, belum ada yang 'diistimewakan' oleh partai hingga sekarang ini.

Lain halnya, Ketua DPW PPP Sulsel, HM Aras. Ia mengungkap, kemungkinan akan ada tambahan parpol yang ikut dalam barisan IYL-Andi Mudzakkar. "Bisa Gerindra, bisa juga Demokrat," ucapnya kemarin (12/9/2017).

Hanya memang, IYL sulit mendapat tiket usungan dari Demokrat. Pasalnya, IYL tak mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon gubernur yang dilakukan oleh Demokrat Sulsel.

Sementara itu, Juru Bicara IYL, Ian Latanro mengakui, pihaknya saat ini juga masih mencari tambahan dukungan parpol. Diketahui, telah ada dua parpol yang telah mendeklarasikan akan mendukung IYL-Andi Mudzakkar, yakni PPP dan PAN.

"Kita tunggu saja partai yang lainnya. Kan masih banyak partai yang belum bersikap. Kita tunggu saja lah, apalagi juga kita juga masih menjalin komunikasi dengan parpol-parpol lain itu," demikian Ian.