Kamis, 14 September 2017 10:26 WITA

Dana Sharing KPU Sulsel Rp86 Miliar

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Dana Sharing KPU Sulsel Rp86 Miliar
Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel telah menetapkan jumlah dana sharing yang akan disalurkan ke daerah pelaksana Pilkada. Penetapan tersebut dalam bentuk perjanjian pendanaan bersama dengan 12 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2018 mendatang.

"Jumlahnya kalau saya tidak salah berada pada kisaran plus minus Rp86 miliar untuk 12 kabupaten/kota," ujar Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief, saat dikonfirmasi baru-baru ini.

Menurut Iqbal, pembagian dana sharing tersebut ditetapkan berdasarkan jumlah kegiatan yang akan diturunkan ke 12 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada serta bergantung pada luas wilayahnya. 

"Misalnya Parepare tidak mungkin sama dengan Makassar atau Bone yang luas wilayahnya berbeda," tuturnya.

Lebih lanjut, Iqbal menjelaskan bahwa kabupaten/kota yang tidak menggelar Pilkada tidak akan diberi dana sharing. Tapi akan diberi dana full untuk pelaksanaan Pilgub.

"Jadi anggaran kita itu terbagi atas tiga anggaran besar. Yaitu anggaran yang dikelola untuk Pilgub, anggaran yang diturunkan kepada kabupaten/kota yang tidak melaksanakan Pilkada tapi melaksanakan Pilgub, serta anggaran untuk 12 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada dan Pilgub dalam bentuk dana sharing," pungkasnya.