Sabtu, 16 September 2017 22:27 WITA

24 KPU se Sulsel Hadiri Rapat Pemutakhiran Data  

Editor: Sulaiman Abdul Karim
24 KPU se Sulsel Hadiri Rapat Pemutakhiran Data  
Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih Pilkada Serentak tahun 2018 di Gardenia Hall Hotel Grand Clarion, Sabtu (16/9/2017). Foto: Himawan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih Pilkada Serentak tahun 2018 di Gardenia Hall Hotel Grand Clarion, Sabtu (16/9/2017). 

Rapat ini diselenggarakan sebagai persiapan KPU jelang pilkada serentak yang terjadi di tahun 2018 mendatang. Rapat ini juga diikuti oleh anggota dari Divisi Data, Kasubag pProgram, beserta operator KPU yang tersebar di 24 Kabupaten Kota.

Komisioner KPU Bagian Hukum Sulawesi Selatan, Khairul Mannan dalam rapat ini menekankan perlunya penataan penyimpangan arsip-arsip produk hukum mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. 

Menurutnya, dengan adanya penataan produk hukum, sengketa yang sering muncul ketika musim Pilkada bisa diminimalisir. Ia menungkapkan sengketa yang sering muncul di Pilkada ialah sengketa pencalonan. 

"Karena ini kan sengketa bukan cuma hasil yang disoal tetapi proses juga disoal. Terutama kemarin proses pemilihan di Takalar mempermasalahkan adanya lima ribu pemilih siluman. Tetapi karena teman-teman di Takalar telah siap, akhirnya bisa menghadapinya," jelas Khairul Mannan, Sabtu (16/9/2017).

Khairul melanjutkan jika peran panitia pengawas pemilu juga bisa memaksimalkan kerja para anggota KPU yang bertugas di Pilkada nanti. 

Selain agenda hukum yang dibahas, rapat ini juga membahas agenda-agenda lain perihal persiapan di Pilgub Sulsel 2018 mendatang. Rapat koordinasi ini sendiri berlangsung hingga 18 September 2017 mendatang.