Jumat, 29 September 2017 17:24 WITA

Dua Tujuan Utama IYL Temui Pengurus Demokrat Sulsel

Editor: Mulyadi Abdillah
Dua Tujuan Utama IYL Temui Pengurus Demokrat Sulsel
Reza Ali saat menyambut Ichsan Yasin Limpo, Jumat (29/9/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ichsan Yasin Limpo (IYL) mengungkapkan tujuannya menemui pengurus Demokrat Sulsel. Pertemuan itu berlangsung di lokasi acara Muscab serentak Demokrat se-Sulsel, Hotel Sahid Makassar, Jumat (29/9/2017) sore. 

IYL diterima langsung oleh Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah bersama sejumlah pengurusnya. "Kami datang ke Demokrat dengan membawa dua agenda utama. Pertama, agenda menawarkan koalisi Demokrat dan PPP dalam rangka menghadapi Pilgub. Kedua, melakukan pengembalian berkas dari saya dan Andi Mudzakkar sebagai cagub dan cawagub," tuturnya. 

Diketahui, DPP Partai Demokrat menginstruksikan kepada Ketua DPD maupun Ketua DPC Partai Demokrat se-Indonesia untuk memperpanjang masa penjaringan calon kepala daerah hingga 30 September 2017. Instruksi tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen, Hinca Pandjaitan di Jakarta pada tanggal 8 September 2017 lalu.

"Saya merasa tidak dispesialkan karena perpanjangan pendaftaran ini kan berlaku nasional. Jadi di seluruh Indonesia, bukan hanya di Sulsel," tegas IYL.

Dua Tujuan Utama IYL Temui Pengurus Demokrat Sulsel

Pernyataan IYL berbeda dengan Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah yang dikonfirmasi secara terpisah. 

"Jadi bukan kembalikan formulir, tapi yang dilakukan adalah melakukan komunikasi politik untuk mengajak Demokrat berkoalisi di Pilgub Sulsel 2018 nanti," ucap Ni'matullah.

Dia mengaku telah meminta sejumlah berkas dari IYL, sebagai bukti agar bisa dilaporkan ke DPP. Berkas yang dimaksud yakni rekomendasi parpol yang telah ada, hasil survei internal dan visi-misi atau program yang akan dicanangkan. 

Wakil Ketua DPRD Sulsel itu membeberkan, niatan IYL berkomunikasi dengan dirinya, lantaran pihak IYL masih butuh tambahan minimal satu parpol untuk mencukupkan persyaratan di KPU nantinya.

"Beliau sampaikan, kalau misalnya Demokrat bisa berkoalisi dengan PPP, tentu persyaratan itu sudah cukup. Dan tentunya, PAN bisa ditarik kembali," ucap Ulla, sapaan akrabnya membuka sedikit pembicaraan dengan IYL.

Seperti diketahui, PAN saat ini dikabarkan akan mengalihkan dukungan politiknya ke Nurdin Abdullah. Hal itu dikarenakan, IYL belum mampu mencukupi persyaratan koalisi parpol untuk maju lewat jalur parpol.

Jadi nantinya, lanjut Ulla, Demokrat Sulsel akan menyodorkan dua hal ke DPP Demokrat untuk disusulkan mendapat tiket rekomendasi. Pertama, katanya, berkas kandidat yang telah melakukan penjaringan.

"Yang kedua itu Pak Ichsan yang sudah melakukan komunikasi dengan kita. Bergantung DPP saja nanti yang tentukan. Yang jelas kita cuma laporkan, biar jadi bahan pertimbangan saja," jelasnya.