11 October 2017 12:25 WITA

KPUD Soppeng Buka Perekrutan PPK dan PPS

Editor: Adil Patawai Anar
KPUD Soppeng Buka Perekrutan PPK dan PPS

RAKYATKU.COM, SOPPENG - KPUD Soppeng membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kamis besok (12/10/2017). Pendaftaran akan ditutup 11 November 2017 mendatang.

Komisioner KPUD Soppeng, Marwis mengatakan, salah syarat pendaftaran  yakni lulusan SMA dengan umur minimal 17 tahun.Untuk PPK dibutuhkan sebanyak 5 orang untuk setiap kelurahan. Sementara PPS sebanyak 3 orang untuk wilayah desa.

"Untuk PPK tahapannya (pendaftaran)  dimulai dengan seleksi administrasi, tes tertulis, Wawancara, hingga Uji Publik, sedangkan PPS tahapannya sama, cuma yang membedakan PPS tidak ada tes tertulis," ujarnya, Rabu (11/10/2017).

Marwis menjelaskan, dalam pendaftaran,  para peserta tidak boleh terlibat dalam kepengurusan partai politik, dan dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6.000.

"Para peserta juga tidak boleh pernah menjabat pada jabatan yang sama selama 2 periode, kecuali mereka mendaftar dijabatan yang lebih tinggi, misalnya Panwascam," jelasnya.

Diketahui, PPK KPU Soppeng nantinya akan bergaji Rp 1,8 juta perbulan untuk ketua, dan anggota Rp1,6 juta perbulan. Sedangkan PPS untuk ketua bergaji Rp900 ribu perbulan,  dan anggota Rp850 ribu perbulan.