11 October 2017 23:11 WITA

Dulu Jodohkan NA-TBL, Kini Amin Syam Dukung NH-Aziz

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dulu Jodohkan NA-TBL, Kini Amin Syam Dukung NH-Aziz

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dukungan tokoh Sulsel yang mengisyaratkan mendukung pasangan bakal calon Gubernur-bakal calon Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Muzakkar (NH-Aziz) terus mengalir.

Teranyar, Gubernur Sulawesi Selatan periode 2003-2008, H Amin Syam terlihat dalam foto melakukan salam khas NH-Aziz, Salam Sulsel Baru. Momen itu dilakukan saat pertemuan tertutup dengan tokoh masyarakat asal Bone di Hotel Pualam, Makassar, Selasa (10/10/2017) kemarin.

Isyarat salam Sulsel Baru itu mempertegas arah dukungan mantan Gubernur Sulsel ini kepada pasangan NH-Aziz. Hal ini disampaikan oleh Fungsionaris DPD Golkar Sulsel, Andi Bulan Nanda, Rabu (11/10/2017).

"Salam Sulsel Baru di Pualam kemarin membuktikan kalau beliau (Amin Syam) hanya mendukung NH-Aziz di Pilgub," kata Andi Bulan Nanda dalam keterangan tertulis yang diterima Rakyatku.com.

Oleh karena itu, lanjut Andi Bulan, klaim dukungan terhadap kandidat lain otomatis dimentahkan. Salam Sulsel Baru menjadi simbol perlawanan terhadap pembangunan yang tidak merata antara di daerah perkotaan dan pedesaan. Sehingga, gagasan NH-Aziz dalam Gerakan Membangun Kampung menjadi magnet khusus.

"Tentu menjadi harapan kita bersama supaya NH-Aziz bisa menerapkan pengalamannya untuk kembali membangun Sulsel. Apalagi pak NH sudah khatam terkait ekonomi kerakyatan dari pengalamannya di koperasi," ujarnya.

Sebelumnya, gagasan NH-Aziz dalam memperhatikan kebersihan masjid juga turut dipuji oleh Amin Syam. Menurutnya, hal itu sejalan dengan visi Dewan Masjid Indonesia yang dipimpinnya di Sulsel.

"Alhamdulillah, bagus itu. Sangat sedikit masjid yang toilet dan tempat wudhunya memenuhi syarat. Padahal itu fasilitas utama sebuah masjid," tutur Amin Syam ketika itu.

Sebelumnya, Amin Syam sempat menyatakan dukungannya kepada bakal calon Nurdin Abdullah. Bahkan, saat acara halal bihalal yang dilakukan oleh Relawan SejatiNA, 15 Juli 2016 lalu, Amin Syam mengklaim, jika dirinya lah yang membuat Nurdin Abdullah berpasangan dengan Tanribali Lamo.

"Yang membuat mereka berdua itu bisa berpasangan, dikarenakan orang yang sedang bicara saat ini," ungkap Amin Syam kala itu.

"Jadi kalau istilah gaulnya berarti, saya ini makcomblangnya (Nurdin-Tanri)," lanjut Amin disoraki oleh para tamu yang hadir di Gedung Balai Manunggal, Jalan Jend Sudirman, Makassar.

Namun saat ini, keadaan politik berubah. Nurdin Abdullah memastikan 'pisah ranjang' dengan Tanribali, dan memilih Andi Sudirman Sulaiman. Rencananya, pasangan tersebut akan menggelar deklarasi pada 22 Oktober 2017 mendatang, di Lapangan Karebosi, Makassar.