12 October 2017 15:48 WITA

Panwascam Se-Jeneponto Resmi Dilantik, Selamat Bekerja!

Editor: Fathul Khair Akmal
Panwascam Se-Jeneponto Resmi Dilantik, Selamat Bekerja!

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Sebanyak 33 orang Panitia Pengawas Kecamatan Panwas Kecamatan (Panwascam), resmi dilantik oleh Ketua Panwaslu Jeneponto, Saiful. Pelantikan itu digelar di ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto, Kamis (12/10/2017).

Pelantikan itu dihadiri Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, dan Wakil Bupati Mulyadi Mustamu dan Sekda Muhammad Sarif. 

Ketua Panwaslu Jeneponto, Saiful menyampaikan, terima kasih atas respon pemerintah daerah dalam menyukseskan pelantikan Panwascam. Sebelumnya, mereka sudah melalui banyak tahapan seleksi.

"Hasil tertulis itu, dilanjutkan ke tes wawancara dan menetapkan 33 orang lulus yang akan bertugas di 11 kecamatan di Jeneponto. Yang terbagi dalam tiap kecamatan ditugaskan 3 orang. Semua itu melalu proses yang mulai dari seleksi administrasi," jelas Saiful.

Bagi seluruh Panwascam yang sudah dilantik dapat mendorong dan mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam menciptakan demokrasi pemilu dengan sebaik-baiknya. 

"Pengawas Pemilu itu hampir setara dengan KPK, yang diberi kewenangan untuk melakukan penyadapan. Makanya harus berani menegakkan pengawasan Pemilu dan tidak boleh menutup indra yakni mata dan telinga pada setiap pelanggaran Pemilu," tambahnya.

Diharapkan, seluruh Panwascam agar bekerja secara profesional dan menjaga integritas serta etika dan tidak memihak kepada salah satu calon. Kalau terbukti maka ada sanksi pemecatan menantinya.

"IJika ada salah seorang dari Panwsacam yang tidak netral, tidak segan-segan untuk diberikan sanksi. Karena kita tidak butuh waktu untuk menjaga kalian. Jadi, sekali lagi dengan tegas saya sampaikan bekerja dengan netral dan tidak memihak dengan calon lain, jika terbukti sanksinya pemecatan," pungkasnya.