Senin, 30 Oktober 2017 16:28 WITA

Cerita Sudirman Sulaiman di Kantor Polisi, Kenapa?

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Cerita Sudirman Sulaiman di Kantor Polisi, Kenapa?
Sudirman Sulaiman (tengah).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Andi Sudirman Sulaiman menceritakan sepenggal kisah selama berada di Makassar. Katanya, masih ada yang kurang percaya jika dirinya ingin mendaftar sebagai calon wakil gubernur Sulsel.

Kejadian itu terjadi beberapa waktu lalu, saat dirinya bertandang ke Polrestabes Makassar untuk mengurus surat SKCK, sebagai prasyarat untuk diajukan ke KPU nantinya.

Dia yang pergi tanpa pengawalan dan mengenakan pakaian biasa, secara langsung menyerobot kantor kepolisian Makassar, tanpa menanggalkan helm.

"Saya ditanya. Bapak mau urus apa?" ucap Sudirman menirukan penyampaian polisi yang ditemuinya, saat menjadi narasumber dialog publik yang digelar Taruna Merah Putih yang bertajuk "Pemuda Dalam Pentas Politik", di CCR, Jalan Todopuli, Makassar, Senin (30/10/2017).

"Mau urus SKCK," jawab Sudirman saat itu.

Cerita Sudirman Sulaiman di Kantor Polisi, Kenapa?Ditanya lebih lanjut oleh sang polisi, terkait maksud ingin mengurus SKCK, Sudirman menjawab untuk keperluan administrasi mendaftar menjadi calon wakil gubernur Sulsel. Katanya, sang polisi kaget. "Dia melihat dari bawah (badan) sampai atas. Jadi saya tanya, ada yang salah pak?," ucapnya menceritakan kejadian itu. 

loading...

Merasa masih kurang percaya, Sudirman diminta identitasnya. Tak berpikir lama, Sudirman langsung memberikan KTP yang dipunyai. "Akhirnya si bapak (polisi) bilang, bukan di Polres urus SKCK tapi di Polda," tuturnya yang diiringi gelak tawa.

Setelah mendengar saran polisi, ia langsung bergegas ke Markas Polda Sulsel mengendarai sepeda motor yang digunakannya.
Sesampainya di kantor Polda, Sudirman kembali dicecar dengan pertanyaan yang sama dengan penuh keraguan. 

"Tapi akhirnya, setelah ditelpon sama komandannya, diberi tahu bahwa betul saya ingin urus SKCK, akhirnya dikasih (cepat pengurusannya)," ujarnya.

Cerita Sudirman Sulaiman di Kantor Polisi, Kenapa?Lewat cerita itu, adik Menteri Pertanian Amran Sulaiman itu ingin memberi pesan kepada para peserta diskusi, bahwa ingin menjadi pejabat tak mesti terlihat seperti orang kaya.

Dia menekankan, meski bersaudara dengan seorang pejabat penting negara, namun tak pernah ia 'memanfaatkan' hal itu secara tidak baik. "Bahkan saya itu kalau mau minum air itu kalau di rumahnya beliau, saya minta izin dulu. Saya juga tidak pergi bertemu beliau kalau tidak dipanggil," bebernya.

Loading...
Loading...