Kamis, 02 November 2017 16:33 WITA

Parpol di Pilgub Sulsel Sudah Ludes

Editor: Mulyadi Abdillah
Parpol di Pilgub Sulsel Sudah Ludes
Bahar Ngitung

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Parpol pemilik kursi di Pilgub Sulsel akhirnya ludes pasca Partai Hanura condong ke pasangan Nurdin Halid (NH)-Aziz Qahhar Mudzakkar. 

Partai Hanura adalah partai tersisa pasca Demokrat menjatuhkan dukungan kepada pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka). 

"Hanura memang sebenarnya sedang mencoba untuk membentuk koalisi baru. Tapi kalau ini tidak terbentuk, maka Hanura kecenderungannya ke NH," tutur Koordinator DPP Hanura Wilayah Sulsel Sulbar dan Sultra, Bahar Ngitung saat ditemui, Kamis (2/11/2017).

Dengan dukungan Partai Demokrat ke pasangan IYL-Cakka, lanjut Bahar Ngitung, maka Hanura tak lama lagi juga akan mengumumkan usungannya.

Parpol di Pilgub Sulsel Sudah Ludes

"Karena Demokrat sudah ke Pak IYL, maka besar kemungkinan Hanura ke NH. Sebenarnya saya sudah ditanya soal keputusan usungan ini.  Sejak lima hari yang lalu sudah dibahas. Akan tetapi belum ada jadwal pasti kapan akan diumumkan," tandasnya.

Disinggung mengenai alasan partai besutan Oesman Sapta Oddang (OSO) ini mengarahkan dukungannya ke duet NH-Aziz, Obama mengaku tak mengetahui secara rinci.

"Saya belum ditanya soal alasan itu, karena itu kan rapat pembahasannya kemarin dulu, saya ada di sini (Makassar)," pungkas pria yang akrab disapa Obama itu.

Parpol di Pilgub Sulsel Sudah Ludes

Dengan akan bergabungnya Hanura ke NH-Aziz, maka pasangan yang berjargon 'samasamaki' itu diusung 32 kursi. Rinciannya, Golkar (18), NasDem (7), PKPI (1) dan Hanura (6). 

Sementara parpol lainnya terdistribusi ke pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) dan IYL-Cakka. Pasangan NA-ASS didukung PDIP (5), Gerindra (11), PKS (6), PAN (9). Sementara pasangan IYL-Cakka didukung PPP (7) dan Demokrat (11). 

Parpol di Pilgub Sulsel Sudah Ludes

Bagaimana dengan PKB (3) dan PBB (1)? Parpol yang mendukung Agus Arifin Nu'mang itu hampir pasti mengalihkan dukungannya ke salah satu dari tiga pasang calon di atas.