Rabu, 08 November 2017 21:02 WITA

KPU Parepare Temukan 70 ASN Terdaftar di Parpol

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
KPU Parepare Temukan 70 ASN Terdaftar di Parpol
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menemukan indikasi keterlibatan sekira 70 Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam keanggotaan Partai Politik (Parpol). 

Hal ini dibenerkan Divisi Hukum KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain, Rabu(8/11/2017). "Sebanyak 70 ASN yang terdeteksi menjadi anggota parpol, TNI-Polri satu orang, dan di bawah umur empat orang," kata Hasruddin. 

Hasruddin menjelaskan, selain keanggotaan ASN, dalam verifikasi tersebut juga ditemukan sebanyak 974 kegandaan anggota parpol yang berada di empat kecamatan dan 22 kelurahan.

"Hasil dari faktual kegandaan, akan dilaporkan dalam bentuk salinan berita acara ke KPU Provinsi Sulsel, Panwaslu, dan parpol untuk dilakukan  perbaikan. Kami sudah ingatkan parpol untuk tidak mendaftarkan keanggotaan secara berlebihan. Padahal, standarnya cuma 177 orang," jelasnya.

Terpisah, Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah mengungkapkan, dari keanggotaan parpol yang ditemukan, terdapat  mayoritas pemiliknya tidak berdomisili di Parepare, atau telah berpindah tempat tinggal. Selain itu,  sebagian besar masyarakat juga mengaku tidak pernah bergabung pada parpol tertentu.

"Begitu pula dengan ASN, banyak yang tidak megaku pernah bergabung dengan parpol apapun," ungkap Nahdiyah.