Kamis, 09 November 2017 17:14 WITA

Peluang Agus Belum Habis

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Peluang Agus Belum Habis
Agus Arifin Nu'mang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peluang bakal calon gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang (AAN) untuk maju kian berat. Pasca PKB dan PBB yang sebelumnya siap mengusung, mengisyaratkan akan mengalihkan dukungannya ke kandidat lain. 

PKB disebut-sebut telah beralih Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz). Sementara itu PBB belum menentukan usungannya meski telah mengisyaratkan juga akan beralih. "Masih ada waktu sampai tanggal 8 Desember. Kita bisa maju lewat jalur partai atau independen," tutur Agus di Kantor DPRD Sulsel, Selasa (7/11/2017) lalu.

Sinyal Agus untuk maju di Pilgub Sulsel lewat jalur independen diamati Direktur Lembaga Survei Epicentrum Politica, Iin Fitriani. Menurut Iin, melihat peta koalisi terakhir, Agus dan timnya tentu akan bereaksi. "Tidak mungkin Pak Agus hanya duduk diam menunggu," ujarnya ketika dikonfirmasi Rakyatku.com, Kamis (9/11/2017) sore.

Meskipun demikian, respon Agus yang mengisyaratkan akan maju lewat jalur independen, menurut Iin, bukanlah jalan yang mudah.
Karena selama ini Agus fokus membangun komunikasi dengan partai. "Namun seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa peluangnya belum kandas total," tuturnya.

Lebih lanjut menurut Iin, Agus masih memiliki peluang untuk memberdayakan semua potensinya lewat jalur independen di masa injury time ini. Posisi sebagai wakil gubernur adalah modal bagus untuk Agus. "Pertimbangan-pertimbangan tersebut masih menghidupkan peluang Pak Agus," tandasnya.

Disisi lain, Iin punya catatan tersendiri mengenai jalur perseorangan. Yang kadang dianggap oleh banyak kalangan sebagai prioritas nomor dua.

"Intinya kalau mau berhasil di jalur perseorangan, jangan memandangnya sebagai plan B, karena beratnya sama dengan jalur parpol. Hanya persoalan kebiasaan pandangan politik kita selama ini yang memandang bahwa jalur perseorangan itu adalah tanda kegagalan komunikasi politik lewat jalur partai. Padahal sebenarnya jalur perseorangan itu adalah kemudahan regulasi bagi semua yang ingin mencalonkan diri," pungkasnya.