Senin, 13 November 2017 09:38 WITA

KPU Sulsel Konsolidasi Jelang Pendaftaran Calon Perseorangan

Editor: Mulyadi Abdillah
KPU Sulsel Konsolidasi Jelang Pendaftaran Calon Perseorangan
Misna

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel menggelar konsolidasi jelang pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel jalur perseorangan, Senin (13/11/2017). Konsolidasi ini dipusatkan di Kota Parepare dan diikuti oleh perwakilan 24 kabupaten/kota se Sulsel.

"Jadi kita tidak keliling atau melakukan road show, tapi kita kumpulkan di sini (Parepare). Perwakilan dari 24 kabupaten/kota semua berkumpul di sini," tutur Komisioner KPU Sulsel Divisi Teknis Misna Attas ketika dikonfirmasi Rakyatku.com, Senin (13/11/2017) pagi.

Lebih lanjut Misna menjelaskan, bahwa konsolidasi yang digelar dengan menghadirkan perwakilan dari 24 kabupaten/kota se Sulsel tersebut adalah terkait persiapan penyerahan dokumen dukungan perseorangan, terutama mengenai verifikasi syarat minimal dukungan.

"Jadi, ini mnyangkut SOP dan kode etik verifikator yang akan bekerja," urainya.

Menurut Misna, konsolidasi ini penting mengingat lampiran dokumen dukungan atau identitas pendukung yang disetor nantinya harus betul-betul valid sehingga peran penyelenggara disetiap kabupaten/kota sangat diperlukan.

"Misalnya, lampiran dokumen dukungan atau surat keterangan untuk masing-masing pendukung diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat yang menerangkan bahwa penduduk tersebut berdomisili minimal satu tahun di Sulsel dan tercantum namanya dalam DPT Pemilu terakhir. Ini mesti diverifikasi dan diawasi nantinya," pungkas Misna.

Sekedar diketahui, KPU Sulsel mengagendakan pendaftaran calon perseorangan untuk Pilgub Sulsel 2018 pada tanggal 22-26 November 2018 bertempat di Hotel Grand Asia Jalan Boulevard Raya Makassar. Adapun syarat minimal dukungan yang harus diserahkan sebanyak 480.124 dan tersebar paling sedikit di 13 kabupaten/kota di Sulsel.