Selasa, 14 November 2017 17:02 WITA

Ini Usungan PKB di Pilkada Serentak 2018 se-Sulsel

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Ini Usungan PKB di Pilkada Serentak 2018 se-Sulsel
Elit PKB Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PKB telah merampungkan arah dukungan untuk 11 Pilkada Kabupaten/Kota di Sulsel pada 2018 mendatang. Hal itu dibeberkan oleh Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad. 

Menurut Azhar, prioritas dukungan PKB diberikan kepada calon dari kalangan birokrat. Terkhusus pada Pilkada Enrekang, PKB masih belum menentukan sikap lantaran masih mencari-cari figur yang dianggap tepat. 

"Karena kita menganggap, calon dari birokrat itu lebih terbuka, dibanding dengan calon dari kalangan parpol. Dan asumsinya, ketika calon birokrat tersebut terpilih, setidaknya bisa membantu atau membukakan ruang untuk PKB ke depan," tutur Azhar, dalam sesi jumpa pers di Kantor DPW PKB Sulsel, Jalan Todopuli Raya, pada Selasa (14/11/2017).

Mengapa bukan mendorong kader? Azhar punya alasan. Meski tetap memprioritaskan kader, menurutnya, sejumlah kader yang juga punya niatan untuk ikut dalam kontestasi, terkadang kurang percaya diri. "Karena partai itu bukan cuma mau dorong kader, tapi juga mau menang," katanya.

Makannya, tak dipungkiri pula, dukungan PKB untuk mengusung kandidat di Pilkada Serentak 2018 mendatang, lebih condong kepada calon berlatar birokrat, bukan politikus. "Tapi tentu juga berdasarkan hasil survei dan perimbangan lain. Kalau sudah tidak ada lagi calon bagus dari kalangan birokrat, pasti kita usung calon dari parpol," ucapnya.

Terkait rekomendasi resmi partai, Azhar menjelaskan, pada pertengahan Desember mendatang akan dikeluarkan sesuai dengan format KPU di pendaftaran. 

"Sebetulnya sudah ada rekomendasi yang dikeluarkan untuk beberapa daerah. Tapi masih dalam bentuk surat tugas dan ada juga yang masih dalam bentuk tunggal. Yang jelas pertengahan Desember lah baru kita akan rapikan semua rekomendasi resmi PKB," ungkapnya.

Kendati demikian, diakui oleh Azhar, situasi politik yang akan datang bisa berubah-ubah dan sarat dengan tarik-menarik kepentingan, khususnya pada tingkatan elite partai. 

"Bisa saja sudah keluar rekomendasi, tapi ditarik. Pilkada ini betul-betul keras tarik-menariknya. Belum ada yang betul-betul pasti sampai pendaftaran resmi di KPU pada Januari mendatang," tutupnya.

Berikut arah dukungan PKB di 11 Pilkada Serentak Sulsel 2018
1. Andi Seto (Sinjai) 
2. Muh Syarif (Jeneponto)
3. Ilham Azikin (Bantaeng) 
4. Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto (Makassar)
5. Basmin Mattayang (Luwu)
6. Judas Amir (Palopo)
7. Andi Irwan Hamid (Pinrang)
8. Fatmawati Rusdi (Sidrap)
9. Andi Faisal Sapada (Pare-Pare)
10. Andi Fashar Padjalangi (Bone)
11. dr Baso (Wajo)