Jumat, 17 November 2017 17:44 WITA

KPU Jeneponto Temukan Sipol Dua Parpol Tidak Lengkap

Editor: Adil Patawai Anar
KPU Jeneponto Temukan Sipol Dua Parpol Tidak Lengkap

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jeneponto, mengumumkan hasil verifikasi sistem informasi partai politik (Sipol), pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2019, Jumat (17/11/2017).

Ketua KPUD Jeneponto, Muhammad Alwi dan Komisioner Devisi Teknis, Ekawat menyampaikan satu persatu temuannya selama proses verifikasi faktual.

Adapun Partai yang tidak memenuhi syarat sipol, yakni Gerindra dengan data Sipol yang masuk ke KPU sebanyak 2.512 namun setelah diverifikasi, yang memenuhi syarat hanya 211, sehingga tidak memenuhi syarat sebanyak 2.301. 

Sementara Data Sipol NasDem yang masuk sebanyak 422 dan setelah diverifikasi, hanya memenuhi syarat 378 sehingga yang tidak memenuhi syarat sebanyak 44.

"Keduanya partai itu diberi waktu untuk melakukan perbaikan, ditemukan potensi ganda dalam satu partai, sehingga diminta dilakukan perbaikan sampai batas akhir 1 Desember 2017," jelas Ketua KPU Jeneponto, Muhammad Alwi.

Dalam verifikasi faktual tersebut, sebagian besar partai ditemukan ganda kepengurusannya. Namun KPU Jeneponto itu tidak menyebutkan secara detail. 

"KTP-nya disetor ke partai A, terus juga ada namanya di partai B, ini yang disebut ganda," ucap Alwi. 

Sebanyak 14 partai yang diundang, namun satu pengurus partai yang tidak hadir yakni pengurus DPC Partai NasDem Kabupaten Jeneponto.

Pengurus partai yang hadir di antaranya pengurus partai Gerindra, partai Golkar, partai PDI-P, partai Demokrat, partai PKS, partai PKB, partai Hanura, partai PPP, partai PAN, partai Perindo, partai PSI, Garuda dan partai Berkarya.