Rabu, 29 November 2017 17:29 WITA

15 Orang Tim DIAmi Kawal Verifikasi Berkas KPU

Penulis: Sutrisno Zulkifli - Muh. Fadel
Editor: Almaliki
15 Orang Tim DIAmi Kawal Verifikasi Berkas KPU
DIAmi saat menyerahkan berkas ke KPU Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekisar 100 ribu berkas dukungan fotokopi KTP untuk Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi), resmi diserahkan ke KPU Makassar sebagai persyaratan maju lewat jalur independen pada Pilwalkot Makassar 2018, di Hotel Max One, Jalan Taman Makam Pahlawan, Rabu (29/11/2017) sore.

Pihak KPU Makassar, menjamin berkas itu aman. Sebab pihaknya telah membentuk tim yang mengawal berkas, hingga tahapan verifikasi administrasi selesai. Mereka juga telah bekerja sama dengan pihak kepolisian, agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan pihak DIAmi.

Hal itu sempat dikhawatirkan oleh kuasa hukum DIAmi, Djusman AR. Menurutnya, proses politik yang sementara ini berlangsung, tidak menutup kemungkinan akan diganggu oleh oknum tertentu. Makanya, dia meminta jaminan dari KPU, selaku penyelenggara, serta meminta dari pihak DIAmi, untuk ikut terlibat dalam proses verifikasi.

Komisioner KPU Makassar, Abdullah Manshur, mengatakan pihak kepolisian akan berjaga di area hotel, hingga proses verifikasi berkas, dan administrasi selesai dilakukan. 

Verifikasi berkas yang dimaksud ialah proses verifikasi jumlah dukungan yang disetor dan sebaran yang telah disepakati oleh KPU. Sebanyak 65.354 minimal dukungan yang dipersyaratkan, dan tersebar di minimal 8 kecamatan. Sementara verifikasi administrasi, yaitu pencocokan data antara yang disetor dan yang terinput di sistem informasi pencalonan online (SILON).

"Verifikasi jumlah dukungan dan sebaran itu dilakukan sampai tanggal 1 Desember. Setelah itu dilakukan verifikasi administrasi hingga tanggal 8 Desember," kata Manshur.

loading...

Dalam rangka proses verifikasi berkas dan administrasi, KPU telah menyiapkan 15 tim di tiap kecamatan. Tiap tim terdiri dari 3 orang dari KPU dan 1 orang dari pihak Panwas.

"Kalau dari pihak kandidat bersedia, bisa juga diutus 1 orang tiap tim. Jadi totalnya 15 orang yang sekaligus bertugas menjadi saksi dalam tahapan tersebut," paparnya.

Setelah itu, lanjut Mashur, tanggal 9-11 Desember, KPU akan menyerahkan hasil penelitian berkas ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual. Verifkasi faktual akan dilangsungkan mulai tanggal 12 hingga 25 Desember.

Danny Pomanto juga mengapresiasi keputusan KPU yang bersedia menerima kawalan dari pihak timnya. "Kami akan catat nama-namanya segera, lalu kita akan setor ke KPU untuk bersama-sama mengawal proses verifikasi nantinya," tandas Wali Kota Makassar tersebut.

Loading...
Loading...