Kamis, 07 Desember 2017 21:11 WITA

Tanggapan Bawaslu Soal Penebasan Relawan Prof Andalan

Editor: Adil Patawai Anar
Tanggapan Bawaslu Soal Penebasan Relawan Prof Andalan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Insiden penebasan yang menimpa relawan Prof Andalan, Sialing Dg Situru (45), di Desa Lembang Loe, Kecamatan Biring Bulu, Kabupaten Gowa, Rabu (6/12/2017) malam, mendapat tanggapan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel.

Pasca pihak kepolisian menetapkan bahwa kasus tersebut murni merupakan tindak pidana, Bawaslu Sulsel menghimbau semua pihak agar mempercayakan penyelesaian kasus tersebut kepada aparat kepolisian.

"Saya kira begini, kita harus percaya pada proses yang sementara ditangani oleh pihak kepolisian. Jadi informasi dari kepolisian itu, harus diterima apa adanya oleh semua pihak, bahwa kasus itu murni pidana tidak ada hubungannya dengan kandidat atau Pilgub," ujar Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi ketika dikonfirmasi Rakyatku.com, Kamis (7/12/2017) malam.

Lebih lanjut, menurut Laode, apa yang disampaikan oleh pihak kepolisian tentunya punya dasar dari hasil penyelidikan yang telah mereka lakukan.

"Jadi harus diterima apa adanya informasi dari kepolisian tersebut. Apalagi ada lagi komentar dari orang-orang yang tidak terjun di lapangan menangani kasus itu. Bisa bias nanti itu informasinya. Kita harus percaya pada informasi dari kepolisian karena mereka yang langsung menangani kasusnya," himbaunya.

Menurut Laode, yang mesti dilakukan sekarang adalah mendukung pihak kepolisian untuk menuntaskan kasus tersebut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Biarkan polisi menyelesaikan dan menuntaskan, apalagi polisi sudah menyatakan ini pidana murni, jangan dikaitkan dengan Pilgub dan sebagainya. Sebab kalau polisi sudah menetapkan, orang lain tidak boleh berspekulasi apalagi tidak ada dasarnya," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang relawan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Sudirman Sulaiman (Prof Andalan), ditebas parang oleh orang tak dikenal di Desa Lembang Loe, Kecamatan Biring Bulu, Kabupaten Gowa, Rabu (6/12/2017) malam.

Korban yang bernama Dg. Sailing Situru (45 tahun) yang bermukim di Desa Lembang Loe, tinggal tak jauh dari Posko Pemenangan Prof Andalan di Kabupaten Gowa.