Senin, 11 Desember 2017 17:47 WITA

KPU Tegaskan Jangan Ganggu Verifikasi Faktual

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Sulaiman Abdul Karim
KPU Tegaskan Jangan Ganggu Verifikasi Faktual
Kegiatan KPU Makassar belum lama ini.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Berkas dukungan KTP Danny Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (Pilwalkot Makassar) Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (Pilgub Sulsel) di KPU Makassar, akan didistribusikan ke PPK untuk diverifikasi faktual, Senin (11/12/2017). 

Berdasarkan jadwal, verifiksi faktual akan digelar pada 12-25 Desember. Ketua KPU Makassar, Syarif Amir mengatakan, distribusi berkas dukungan tersebut dilakukan secara bersamaan. Ada tiga orang verifikator di tingkat PPS yang tersebar di seluruh kelurahan se-Makassar.

Perihal teknis kerja PPS dalam verifikasi faktual, apakah akan dilakukan secara bersamaan untuk Pilwalkot Makassar dan Pilgub Sulsel, akan diserahkan kepada PPS masing-masing.

"Yang turun verifkasi faktual itu kan PPS, jadi nanti mereka yang atur sendiri teknisnya. Mau dikerjakan secara bersamaan atau tidak, mereka lah yang atur," jelas Syarif.

KPU Tegaskan Jangan Ganggu Verifikasi Faktual(Danny-Indira saat menyetor dukungan KTP di KPU Makassar)

loading...

Perihal pengawasan kerja PPS saat verifaksi faktual, kata Syarif, akan didampingi oleh tim dari Panwaslu Makassar. Ia pun menanggapi perihal isu yang belakangan menyeruak, akan ada tim di luar KPU dan Panwaslu seperti parpol yang akan ikut mengawasi dan mengawal verifkasi faktual.

Kendati demikian, ia hanya meminta, pihak luar tersebut untuk tidak menggangu jalannya proses verifikasi. 

"Jadi bukan sebetulnya mengawasi, cuma melihat-lihat. Itu boleh saja, asal jangan mengganggu jalannya verifikasi. Tetap yang bekerja itu adalah PPS dan Panwaslu. Jadi begitu, bukan mengawasi, tapi cukup melihat-lihat saja," pungkasnya. 

Loading...
Loading...