Kamis, 14 Desember 2017 20:46 WITA

Kapolda Sulsel Mendukung, Ini Laporan Bawaslu Sulsel

Penulis: Rizal
Editor: Adil Patawai Anar
Kapolda Sulsel Mendukung, Ini Laporan Bawaslu Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Umar Septono bersama para Pejabat Utama Polda, mengunjungi Kantor Bawaslu Sulsel di Jalan A.P. Pettarani, Kamis (14/12/2017) sore.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi, didampingi anggota Bawaslu Sulsel Azry Yusuf, dan Fatmawati Rahim serta Kasek Bawaslu Sulsel Sudirman Rahim.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi melaporkan persiapan Bawaslu Sulsel dalam mengawasi tahapan Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019 yang tahapannya sudah dimulai sekarang ini.

"Secara kelembagaan, Bawaslu Sulsel telah membentuk Panwas Kabupaten/Kota dan Panwascam di seluruh Sulawesi Selatan. Semua struktur tersebut, komisioner dan stafnya sudah diberikan pelatihan sesuai kebutuhan dan tupoksinya masing-masing, terutama pengawasan calon perseorangan dan pendaftaran partai politik," tutur Laode didepan rombongan Kapolda Sulsel.

Lebih lanjut, menurut Laode, Bawaslu dan Panwaskab/Kota juga telah membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

"Mulai besok (Jumat, 15/12/2017) Gakumdu ini akan mengadakan Rapat Koordinasi untuk memperlancar proses penanganan laporan dugaan pelanggaran Pilkada maupun Pemilu. Bahkan, sejak Rabu kemarin dan hari ini Sentra Gakumdu sudah menerima laporan terkait verifikasi faktual calon perseorangan," tambahnya.

loading...

Menanggapi laporan Ketua Bawaslu Sulsel tersebut, Kapolda Sulsel Umar Septono memberikan dukungan dan support kepada jajaran Bawaslu di semua tingkatan untuk responsif terhadap dinamika Pilkada dan Pemilu. 

“Bawaslu dan Kepolisian sama-sama sebagai lembaga pelayanan publik harus memberikan pelayanan yang baik karena waktunya sudah diatur secara ketat oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku “ tutur Umar yang menggantikan Irjen Pol Muktiono sebagai Kapolda Sulsel beberapa pekan yang lalu tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Umar juga meminta jika ada kendala supaya berkoordinasi dengan sesama unsur Gakumdu Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

"Jaga sinergitas dan koordinasi, sebab ini adalah tanggung jawab kita semua," pungkasnya.

Loading...
Loading...