Jumat, 15 Desember 2017 22:38 WITA

Appi Labrak Aturan PAN Soal Penjaringan? Ini Kata Kahfi

Editor: Almaliki
Appi Labrak Aturan PAN Soal Penjaringan? Ini Kata Kahfi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi, menegaskan bahwa bakal calon wali Kota Makassar usungan PAN, Munafri Arifuddin, mendaftar penjaringan kandidat usungan di DPP PAN.

Hal tersebut diungkapkan Kahfi, ihwal Appi yang diusung oleh PAN di Pilwalkot Makassar, tanpa melalui tahapan penjaringan di partai berlambang matahari tersebut.

"Terkait masalah mekanisme penjaringan calon, di PAN mekanisme penjaringan calon kepala daerah itu diatur dalam PP Nomor 10. Di situ dikatakan bahwa untuk kabupaten/kota, penjaringannya dilakukan di tingkat DPD, dan untuk calon gubernur penjaringannya di tingkat provinsi atau DPW," tutur Kahfi saat saat ditemui di Hotel Novotel Jalan Jenderal Sudirman Makassar, seusai menyerahkan surat rekomendasi PAN kepada duet Appi-Cicu, Jumat (15/12/2017) sore.

Namun, menurut Kahfi, pada saat itu Appi tidak sempat mendaftar penjaringan kandidat di DPW PAN Sulsel.

"Pak Appi memang tidak sempat mendaftar di DPW. Namun, bagi calon yang tidak sempat mendaftar karena sesuatu dan lain hal, baik di DPD kalau calon bupati/wali kota, maupun di DPW kalau calon gubernur, itu dapat mendaftar di DPP. Inilah yang dilakukan oleh Pak Munafri," urai Wakil Ketua DPRD Sulsel tersebut.

Sedangkan Andi Rachmatika Dewi (Cicu), menurut Kahfi, ia telah mendaftar penjaringan kandidat calon wali kota Makassar di DPW PAN Sulsel.

"Tapi, saya ingin tegaskan bahwa, ibu Cicu itu telah mendaftar sebagai calon wali kota di DPW," tambahnya.

Disinggung mengenai alasan DPP PAN menjatuhkan pilihannya kepada duet Appi-Cicu, Kahfi menilai bahwa hal tersebut tentu telah melalui berbagai pertimbangan-pertimbangan yang matang.

"Ini kan kewenangan DPP, tentu mereka punya pertimbangan-pertimbangan stategis. Keputusan rekomendasi itu sepenuhnya ada di DPP, tugas kita hanya melakukan rekruitmen calon," pungkasnya.