Minggu, 07 Januari 2018 10:41 WITA

Begini Aturan KPU Sulsel Saat Pendaftaran Bakal Calon

Editor: Fathul Khair Akmal
Begini Aturan KPU Sulsel Saat Pendaftaran Bakal Calon
Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan secara resmi akan membuka tahapan pendaftaran bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulsel mulai 8-10 Januari mendatang. Pendaftaran tersebut dipusatkan di Kantor KPU Sulsel Jalan AP Pettarani Kota Makassar.

Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang mengaku sudah berkomunikasi intens dengan tim dari setiap pasangan calon (Paslon) yang akan melakukan pendaftaran.

"Kita sudah berkoordinasi dengan tim Paslon dan tim penghubungnya. Terutama yang mau kita atur, mengenai orang-orang yang masuk dalam ruangan. Karena ruangan kita sempit, makanya kita membatasi maksimal 25 orang yang masuk ruangan. Kalau di halaman bisalah 100 orang. Sisanya harus berada di luar," tuturnya saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Sabtu (6/1/2018) malam.

Menurut Asrar, semua yang masuk dilokasi pendaftaran akan diberikan ID Card termasuk para awak media yang akan melakukan peliputan.

"Kita akan kasih ID card. Jadi, ruangan sudah siap dan SDM juga sudah siap menerima pendaftaran," tambahnya.

Disinggung mengenai koordinasi pihak KPU dengan aparat keamanan, Asrar menjelaskan bahwa sejauh ini sudah maksimal dan intens.

"Koordinasi dengan pengamanan sudah, kita sudah beberapa kali bertemu. Kami bekerjasama dengan pihak kepolisian. Kita sudah sampaikan kondisinya seperti ini. Insya Allah akan berjalan tertib dan lancar," tandasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sulsel Divisi Teknis Misna Attas menghimbau kepada para kandidat yang akan melakukan pendaftaran sebisa mungkin untuk tidak melakukan mobilisasi massa pendukungnya secara besar-besaran.

"Yang penting kan mendaftar substansinya. Kepentingan masyarakat banyak juga harus dijaga. Untuk unjuk kekuatan kan ada saatnya pada masa kampanye nanti," ujarnya saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Sabtu (6/1/2018) malam.

Menurut Misna, ada dua unsur yang wajib hadir dalam ruangan pendaftaran saat kandidat melakukan pendaftaran di KPU nanti, yakni bakal calon beserta perwakilan partai politik pengusung dan atau pendukungnya.

"Kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur serta Ketua dan Sekretaris dari partai politik pengusung dan pendukung itu wajib dan mutlak hadir," pungkasnya.