Selasa, 09 Januari 2018 11:06 WITA

Judas Amir Tunda Pendaftaran ke KPU, Ini Alasannya

Editor: Almaliki
Judas Amir Tunda Pendaftaran ke KPU, Ini Alasannya

RAKYATKU.COM, PALOPO - Kandidat pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Palopo, M Judas Amir-Rahmat Masri Bandaso (Juara) yang dijadwalkan mendaftar hari ini, Selasa (9/1/2018) pagi, membatalkan agendanya.

Juru Bicara pasangan Juara, Astamanga Azis, menjelaskan pihaknya menunda pendaftaran lantaran berkas administrasi sebagai syarat untuk mendaftar belum lengkap. Salah satunya adalah surat keterangan bebas utang dari Pengadilan Negeri (PN) Palopo.

"Mekanismenya adalah PN berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menerbitkan surat keterangan tersebut. Ini yang belum kami terima sampai saat ini," katanya di Kediaman Judas Amir di Ratona, Selasa pagi.

Sebenarnya, ungkap Astamanga, pihaknya bisa saja mendaftar ke KPU tanpa berkas tersebut. Tapi, karena mereka taat administrasi, sesuai dengan kesepakatan seluruh partai pengusung pihaknya menunda pendaftaran.

"Bisa saja belakangan surat keterangan itu dimasukkan setelah mendaftar. Namun kami menginginkan administrasi lengkap dulu baru mendaftar," katanya.

Pasangan Juara mengagendakan untuk mendaftar ke KPU Palopo, Rabu besok. "Kami sudah menyampaikan ke KPU soal penundaan ini," ujarnya.

Terkait partai pengusung, Astamanga jika saat ini Juara telah memenuhi syarat dengan di usung oleh sembilan partai politik (Parpol).

"Yang suda resmi itu, Partai Nasdem, Demokrat, PPP, PBB, PAN, PDIP, Golkar, PKS dan PKB. Menyusul partai Gerindra," jelasnya

Pantauan di kediaman Judas Amir, sejak pagi tadi massa dan simpatisan pasangan Juara sudah datang. Bahkan sejumlah ketua partai pengusung juga terlihat. 

Beberapa anggota DPRD provinsi Sulsel seperti Armin Mustamin Toputiri, Muhammad Rajab, dan Fadriaty AS, juga datang di Ratona.