Rabu, 10 Januari 2018 19:15 WITA

Baru Dua Pasangan Calon yang Memenuhi Syarat di Bantaeng

Editor: Almaliki
Baru Dua Pasangan Calon yang Memenuhi Syarat di Bantaeng

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng menyatakan, baru dua bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Bantaeng yang memenuhi syarat.

"Baru dua bapaslon yang sudah diterima dan sah serta (bapaslon) menerima tanda terima. Yakni bapaslon Muhammad Alwi-Nurdin Halim (Siana'Ta), dan Ilham Azikin-Sahabuddin (Beriman)," ungkap Komisioner Divisi Tehnis KPU Bantaeng, Andi Harianto, Rabu (10/1/2018).

Namun untuk pasangan Ilham Azikin-Sahabuddin, KPU Bantaeng hanya menerima 6 partai pengusung dan 2 partai pendukung. Yakni Partai NasDem (3), PKS (4), Partai Gerindra (1), Partai Golkar (3), Partai Demokrat (2), PKPI (2), Partai Perindo, dan PDIP.

"PKB (3) dan Partai Hanura (3) itu dicoret. Alasannya ada pengurusnya yang tidak hadir (KPU Bantaeng), ada juga yang tidak ada tanda tangan formulir (B1-KWK)," jelasnya.

Harianto mengaku, pencoretan dua partai pengusung itu pun atas persetujuan LO dari bapaslon 'Beriman' yang disaksikan oleh Panwas Kabupaten Bantaeng.

Untuk bapaslon Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba, dinyatakan diterima dan sah. "Tetapi terkait syarat calon, ada beberapa poin yang belum memenuhi syarat. Maka dokumen ini dikembalikan untuk diperbaiki, sampai waktu batas pemdaftaran pukul 24.00 WITA," paparnya.

Bagi bapaslon Andi Baso Fahrir-Alam Syahruddin Hanafi. Syarat pencalonan diterima, namun syarat calon dikembalikan.

"Ada beberapa poin yang kurang, misalnya untuk bakal calon bupati, yaitu surat pengajuan pengunduran diri sebagai PNS, tanda terima dari LHKPN, surat keterangan pailit dari Pengadilan Niaga Makassar. Kekurangan untuk bakal calon wakil bupati kekurangan seperti tanda terima dari LHKPN, surat keterangan pailit dari Pengadilan Niaga Makassar," imbuhnya.